Anugerah Mudik 2019 Diapresiasi Mendorong Kinerja Badan Publik


Untuk kedua kalinya, Anugerah Manajemen Informasi Arus Mudik digelar. Tahun ini, program dijalankan dengan kerjasama tiga lembaga, yaitu Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Komisi Informasi Pusat dan Kantor Staf Presiden. Penganugerahan dilakukan di Ruang Rapat Utama Bina Graha Kompleks Istana Negara pada 19 Juli 2019.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko, Sekjen Kemkominfo Rosarita Niken Widiastuti, Ketua KI Pusat Gede Narayana dan para pimpinan Badan Publik peserta program. Pada tahun ini, Program Pemantauan Manajemen Informasi Arus Mudik melibatkan 18 Badan Publik, meliputi kementerian, lembaga negara dan BUMN.
Dalam sambutannya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengapresiasi kinerja Badan Publik selama kegiatan mudik. “Kita tahu Presiden mengharapkan kita bekerja tidak lagi dengan cara-cara biasa, kita harus bekerja dengan cara-cara baru”, katanya. Ia juga menyampaikan selamat kepada 12 BP yang mendapatkan anugerah dan apresiasi. Dimana penilaian itu dilakukan oleh KI Pusat berdasarkan hasil survei, kunjungan lapangan serta monitoring website. “Kita tahu bahwa mudik 2019 sudah berjalan dengan sukses dan itu dicapai berkat kolaborasi dan kinerja luar biasa”, lanjutnya.
Sekjen Kemenkominfo Niken Widiastuti mengatakan kerjasama pemantauan pelayanan informasi mudik Lebaran ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat terutama para pemudik. Untuk tidak mengulang kejadian buruk di tahun 2016, dimana terjadi kemacetan parah selama 40 jam hanya di jalur sepanjang 20 kilometer dan berakibat timbulnya korban jiwa. “Salah satu yang menjadi sorotan Presiden, selain perlunya peningkatan pelayanan infrastruktur, masalah informasi pelayanan mudik juga merupakan hal penting yang harus dibenahi,” katanya menjelaskan.
Pemantauan pelayanan informasi mudik, diakui telah mendorong peningkatan kinerja Badan Publik. “Berkat adanya pelayanan informasi mudik Lebaran yang dilakukan sejumlah kementerian dan lembaga serta BUMN, masyarakat semakin nyaman dalam perjalanan mudik. Ada joke dari pemudik, biasanya mudik identik dengan kemacetan namun sekarang lancar seperti rekreasi,” tambah Niken.
Sementara Ketua KIP Gede Narayana menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari Kemenkominfo dan KSP sehingga pelaksanaan pemantauan pelayanan informasi mudik 2019 berlangsung sukses. Ia berharap kerjasama tiga lembaga ini dapat terus ditingkatkan agar kinerja Badan Publik terkait pelayanan mudik Lebaran mendatang semakin meningkat.
Atas kinerja Badan Publik selama arus mudik 2019, diberikan penghargaan dalam empat kategori, yaitu BP Informatif, Inovatif dan Responsif serta Apresiasi Kepesertaan. Adapun penghargaan kategori Informatif, Inovatif dan Responsif diberikan kepada Kementerian Perhubungan, PT. Jasa Marga dan PT.Pertamina. Sementara Kementerian PUPR dan PT. Kereta Api Indonesia mendapat penghargaan Informatif dan Inovatif. Sedangkan BMKG mendapat anugerah BP Responsif.
Sedangkan Apresiasi diberikan kepada : PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, PT ASDP Indonesia Ferry, Korlantas Polri, Pelindo III, dan PT Pelni.(Laporan: Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply