Direspon Badan Pengawas MA, Lokataru Mencabut Register Sengketa di KI Pusat


Ketua MK (Majelis Komisioner) Komisi Informasi (KI) Pusat Muhammad Syahyan beranggotakan Romanus Ndau Lendong dan Arif Adi Kuswardono didampingi Panitera Pengganti (PP) Indra Hasby, melaksanakan persidangan dua kali untuk segera membacakan penetapan pencabutan register sengketa. Sidang pembacaan pencabutan sengketa 021/VII/KIP-PS/2018 antara Pemohon Lokataru (Law and Human Rights Office) terhadap Termohon Badan Publik (BP) Badan Pengawas Mahkamah Agung, dilaksankan oleh MK di ruang sidang Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Selasa (12/11).
Sidang pertama dibuka MK dihadiri para pihak, namun pemohon menyatakan akan mencabut register sengketanya dan sudah membawa surat pencabutan dari prinsipalnya, Lokataru. MK minta para pihak menunggu untuk skors sidang mempersiapkan sidang kedua pembacaan penetapan.
Pada sidang kedua, MK menetapkan menerima surat permohonan pencabutan sengketa pemohon, menetapkan pencabutan sengketa dan perintahkan panitera mencoret sengketa tersebut dari register. Usai persidangan, kuasa Lokataru Poppy menyatakan kepada KI Online bahwa pencabutan dilakukan selain sudah lama, juga termohon sudah memberikan informasi yang diminta.
Sementara itu, pada persidangan lainnya dihari yang sama, komposisi majelis komisioner yang sama melaksanakan persidangan pemeriksaan awal terhadap dua register sengketa sekaligus dengan satu pemohon dan dua termohon. Masing-masing terhadap register sengketa 025/VII/KIP-PS/2019 antara pemohon individu Nella Erika terhadap termohon BP Polres Resort Metro Jakarta Timur dan register 026/VII/KIP-PS/2018 antara Nella Erika terhadap Ombudsman RI, namun dalam persidangan di ruang 2 Kantor KI Pusat itu tanpa dihadiri kedua termohon dan hanya dihadiri pemohon. (laporan:karel salim/foto: ari wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply