DIRJEN IKP KEMENKOMINFO USMAN KANSONG: EMPAT LANGKAH PEMERINTAH TANGKAL INFORMASI HOAKS

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publk (IKP) Kementerian Komonikasi dan Informatika RI Usman Kansong mengatakan informasi hoaks yang muncul sekarang ini akibat adanya krisis, seperti krisis mengenai pandemi Covid-19 maupun adanya krisis ekonomi sehingga pemerintah dalam hal ini Kemenkominfo perlu berupaya meningkatkan literasi digital ke masyarakat. Hal itu disampaikan Usman Kansong dalam acara dialog interaktif yang digagas Komisi Informasi (KI) Pusat bekerjasama dengan RRI disiarkan secara langsung dari RRI Pro-3 Jakarta ke seluruh Indonesia, hadir sebagai pembicara Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi bersama Dekan Fakultas Komunikasi Universitas Pajajaran Bandung Dr Dadang Rahmat Hidayat, Jumat (13/08/2021).

Dalam kesempatan dialog interaktif yang melibatkan pendengar RRI itu, Dirjen IKP Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan KemenKominfo melaksanakan empat langkah untuk menangkal informasi hoaks di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya, langkah pertama adalah mengajak kaum milinial untuk menayangkan informasi positif di dunia maya (media sosial), kedua Kominfo juga menggelar kontra narasi terhadap informasi hoaks, ketiga kerjasama dengan media massa dengan melaksanakan cek fakta terhadap informasi hoaks yang beredar.

Keempat, menurutnya meminta flatform seperti Google, Facebook, IG, Twitter dan lainnya untuk menghapus informasi di flatform tersebut yang dipastikan hoaks, bisa di-band akun atau take down informasi hoaks pemilik akun. “Untuk mengetahui informasi hoaks jika ada seruan dengan kata-kata sebarkan atau informasi itu menggunakan huruf besar semua,” katanya menjelaskan. (Laporan : Karel Salim/Foto: ips.or.id)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply