DPRD SULBAR KONSULTASIKAN FIT AND PROPER TEST CALON KOMISIONER KE KI PUSAT


DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan konsultasi tentang pelaksanaan fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) calon anggota Komisi Informasi (KI) Sulbar ke KI Pusat. Rombongan DPRD Sulbar yang dipimpin Ketua Komisi I DPRD Sulbar Syamsul Samad bersama Wakil Ketua Komisi I Hamzah Sunuba diterima oleh Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi KI Pusat Romanus Ndau Lendong di ruang rapat kecil lantai 9 Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Selasa (23/06/2020).

DPRD Sulbar juga didampingi Kabid Kominfo Sulbar Darmawati Jusuf bersama anggota Komisi I DPRD lainnya, yaitu Firman Argo Waskito, Marigun Rasyid, Syahrir Hamdhani, Banhubda Sulbar Zulkifli. Dalam kesempatan itu, Syamsul Samad menyampaikan tiga hal menyangkut rencana pelaksanaan fit and proper test terhadap calon anggota KI Sulbar yang nantinya akan ditetapkan sebagai Komisioner KI Sulbar periode ke-2, setelah periode pertama berakhir masa tugasnya 2020 ini.

Dikonsultasikannya soal 14 nama calon yang telah disampaikan oleh Gubernur Sulbar ke DPRD Sulbar untuk dilakukan fit and proper test, setelah Gubernur mendapatkan 14 nama dari Panitia Seleksi Calon KI Sulbar. Untuk itu, Syamsul mempertanyakan soal keterwakilan unsur pemerintah dalam penentuan 5 nama yang akan ditetapkan sebagai Komisioner KI Sulbar, ketewakilan perempuan, dan soal protes salah satu peserta seleksi yang tidak lolos ke dalam 14 nama.

Romanus Ndau Lendong menyampaikan bahwa soal keterwakilan perempuan dalam penetapan anggota KI Sulbar patut dipertimbangkan karena memang sudah menjadi syarat dalam MDG’S yang baik sekali bagai pemerataan gender dalam peran sebagai pejabat publik di tanah air. Sedangkan soal, adanya protes dari calon yang gagal merupakan hal yang lumrah sehingga tidak perlu ditanggapi serius, adapun mengenai keterwakilan unsur pemerintah nanti Gubernur yang akan menentukan. (Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply