Dua Kali Tak Hadiri Persidangan, KI Pusat Gugurkan Register Pemohon


Akibat dua kali tidak menghadiri persidangan tanpa keterangan yang jelas maka Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat putuskan untuk menggugurkan register sengketa informasi pemohon. Amar (perintah) putusan dibacakan dalam persidangan yang MK-nya diketuai oleh Arif Adi Kuswardono beranggotakan Gede Narayana dan Muhammad Syahyan didampingi PP (Panitera Pengganti) Icha di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta Jl. Abdul Muis 40 Jakarta Pusat pada Kamis (27/06).

Dalam amar putusannya, MK menyatakan permohonan pemohon dengan register 113/XI/KIP-PS/2017, antara pemohon Yuda Salasa Ramadan terhadap termohon Kementerian Komunikasi dan Informatika. Atas amar putusan tersebut, MK perintahkan PP untuk mencoret register 113 dari register sengketa di KI Pusat.

Persidangan register tersebut digelar dua kali, persidangan pertama dibuka oleh MK namun tidak dihadiri pemohon dan hanya dihadiri kuasa termohon sehingga pemohon sudah dua tak hadiri persidangan. Kemudian sidang diskors MK untuk mempersiapkan putusan gugur karena dua kali pemohon tak hadiri persidangan padahal sudah dipanggil secara patut oleh PP.

Usai persidangan, kuasa termohon menyatakan, sebenarnya informasi yang diminta pemohon sudah diberikan namun tidak puas sehingga berlanjut ke persidangan ini. Dalam permohonan informasi pemohon, terdapat lima poin informasi yang diminta kepada termohon, empat poin merupakan informasi soal anggaran APBN 2014-2016 serta bukti pertanggunganjawab penggunaannya dan satu poin mengenai informasi tetang pembuatan website di Direktur Jenderal PPI (Pos dan Penyelenggaraan Informatika) Kemenkominfo.(Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply