Dua Kali Tak Hadiri Sidang, Registrasi Pemohon Dinyatakan Gugur


Akibat dua kali pemohon tidak menghadiri persidangan sengketa informasi di Komisi Informasi (KI) Pusat maka resgister pemohon dinyatakan gugur. Ketua Majelis Komisioner (MK) Arif Adi Kuswardono merangkap anggota bersama Romanus Ndau Lendong dan Muhammad Syahyan didampingi Panitera Pengganti (PP) Aldi Rano, membacakan putusan gugur terhadap register 052/X/KIP-PS/2016 antara Pemohon TB Azhi Adha Okta Yana dan Rendy terhadap Termohon Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, yang disampaikan dalam sidang terbuka di Ruang Sidang Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Rabu (29/01/2020).
Pada sidang pembacaan putusan gugur itu hanya dihadiri Kuasa Termohon Pandu bersama tim yang mendapatkan kuasa dari Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial selaku Atasan PPID. Sebelum sidang pembacaan putusan, MK membuka sidang ajudikasi non litigasi namun pemohon tidak hadir, sama seperti saat sidang 23 Januari sehingga setelah sidang diskors MK putuskan langsung melaksanakan sidang bacakan putusan gugur pada hari yang sama,karena pemohon dua kali tidak hadir dalam sidang tanpa alasan yang jelas.
Untuk itu, MK mengutip Pasal 30 Perki 1/2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik (PPSIP), dalam hal pemohon tidak hadiri dua kali persidangan maka register pemohon dianggap gugur. Adapun informasi yang diminta pemohon sebanyak 17 poin, diantaranta informasi tentang pengadaan listrik gratis bagi nelayan di Banten.(laporan: karel salim/foto: ari wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply