Informasi Cegah Covid-19, KI Pusat Minta BUMN Berdayakan PPID

Komisi Informasi (KI) Pusat menilai dalam kondisi pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease -2019) maka saat yang tepat bagi Badan Publik (BP) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdayakan fungsi PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) di setiap BP. Hal itu disampaikan Ketua Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi saat acara dialog live streaming bertitel “Kontribusi BUMN di Tengah Covid-19” di Inspira TV Youtube, Minggu (03/05/2020) malam.

Acara dialog yang dipandu Eris Munandar selaku Ketua Asosiasi Televisi Siaran Digital Indonesia (ATSDI) bersama narasumber lainnya, Beny Riswandi (Praktisi Perbankan BJB) diikuti sejumlah pemirsa yang ikut serta menyampaikan pertanyaan kepada para narasumber. Cecep Suryadi meminta kepada seluruh BP terutama BUMN, BUMD, dan BUMDes dapat menjadikan momentum pandemi covid ini sebagai upaya meningkatkan peran PPID di BP masing-masing sehingga masyarakat (publik) dapat tercerahkan melalui informasi yang mudah diperoleh serta akurat sehingga tidak menyesatkan dari pejabat BP yang tepat.

Dijelaskannya, bahwa merupakan kewajiban setiap badan publik menyampaikan informasi publiknya sebagaimana perintah dari Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “KI Pusat dan KI Provinsi setiap tahun mendorong semua badan publik melalui monitoring dan evaluasi untuk laporan pelaksanaan keterbukaan informasi di masing-masing badan publik,” kata Cecep menjelaskan.

Terkait peran BUMN dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik di tengah pandemi covid, maka menurutnya badan publik dapat menyampaikan semua informasi yang menyangkut kepentingan publik, seperti informasi tentang modifikasi produk akibat covid. Ia mencontohkan, sejumlah BUMN seperti PLN telah menyampaikan program insentif bagi pelanggan PLN 450 Watt selama wabah, juga BUMN lain yang mengubah produksinya ke kebutuhan APD (Alat Pelindung Diri) untuk petugas kesehatan dan obat serta alat disinfektan untuk mencegah Covid-19. (Laporan/foto: Karel Salim)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply