KI Bengkulu Gelar Lomba Opini

Dalam rangka mendukung proses keterbukaan informasi publik di Bengkulu, Komisi Informasi Provinsi Bengkulu mengadakan lomba menulis opini memperebutkan piala Gubernur Bengkulu.

Ketua Panitia kegiatan, Andriansya memaparkan tema dalam lomba diantaranya keterbukaan informasi dalam konteks pemantapan ideologi, akses politik dan pendidikan demokerasi, konteks budaya dan kearifan lokal, kehidupan sosial dan kemasyarakatan serta konteks pertahanan dan keamanan wilayah negara.

Sayembara menulis opini piala Gubernur 2019 dibuka mulai tanggal 21 Januari 2019 hingga 20 Februari 2019. Malam puncaknya pengumuman pemenang akan digelar pada 05 Maret 2019 serta launching buku dari kumpulan tulisan opini peserta terbaik.

“Penyelenggaraan sayembara ini untuk melibatkan masyarakat dalam proses keterbukaan informasi di Bengkulu, sekaligus lebih mengenalkan Komisi Informasi kepada publik. Selain itu kami ingin mengedukasi masyarakat melalui produk yang dihasilkan dari sayembara ini, seluruh tulisan yang masuk ditambah dengan pengantar dari Gubernur serta penguatan dari kawan kawan dari Komisi Informasi di berbagai provinsi termasuk pusat. Nanti akan kami kemas sebagai produk edukatif yang dapat di jadikan sebagai cindera mata,” kata tenaga ahli Komisi Informasi Bengkulu, Handiro Efriawan, M. Si.

Harapan dari Komisi Informasi, tulisan opini ini dapat terdistribusi ke daerah-daerah lain sehingga menjadi inovasi baru dalam penyampaian keterbukaan informasi untuk publik.

“Mengajak masyarakat Bengkulu ikut serta dalam membudayakan informasi publik di Bengkulu. Sesuai dengan visi misi kami bagaimana budaya keterbukaan informasi itu dapat diterapkan di badan publik sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi bahkan masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembangunan dengan memanfaatkan informasi publik,” ucap Ketua bidang Penyelesaian sengketa Informasi, Tri Susanti, SH.(election.ic)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply