KI Pusat Bersama Kemenko Perekonomian dan Kemen ATR Bahas Isu Keterbukaan Informasi


Komisi Informasi (KI) Pusat mengundang Kementerian Koordinator Perekonomian dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang untuk dialog membahas isu aktual tentang keterbukaan informasi publik. Ketua KI Pusat Gede Narayana bersama Komisioner Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik Muhammad Syahyan, dan Komisioner Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi secara khusus menerima delegasi dari Kemenko Perekonomian RI dan Kementerian ATR RI di ruang rapat lantai 9 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Jumat (24/05).
Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Penanganan Masalah Agraria Kemen ATR RB Agus Wijayanto bersama Direktur Perkara Tanah dan Ruang Ketut Mangku berkenan hadir dalam dialog yang berlangsung sekitar dua jam itu. Sementara dari Kemenko Perekonomian hadir Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Musdalifah Machmud bersama Kabiro Hukum Kemenko Perekonomian I Ktut Hadi didampingi Kabid Infra Budi Utomo beserta rombongan lainnya.
Salah satu topik hangat yang diangkat dalam acara dialog tersebut menyangkut keterbukaan informasi HGU (Hak Guna Usaha) Perkebunan Sawit di tanah air. Musdalifah menyatakan ada kepentingan yang lebih besar dalam upaya menyelamatkan industri sawit karena merupakan komuniti ekspor ketiga terbesar Indonesia ke luar negeri sehingga harus hati-hati dalam mengelola informasinya, dikhawatirkan informasi sawit Indonesia jadi alat untuk menghambat perekonomian di tanah air.Dalam diskusi, KI Pusat tetap berpedoman pada prinsip keterbukaan informasi, jika HGU Sawit dikecualikan maka harus ada uji konsekuensinya untuk diuji dalam persidangan Komisi Informasi. (Laporan : Karel Salim/Foto:Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply