KI Pusat Gelar Bimtek Manajemen Administrasi PSI untuk SIMSI Versi Terbaru

Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar kegiatan bimbingan teknis (bimtek) manajemen administrasi Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) secara elektronik (daring) yang melibatkan peserta Komisioner bersama Panitera dan Panitera Pengganti (PP) dari KI Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) seluruh Indonesia. Pemberian materi bimtek dilakukan langsung oleh Ketua Bidang PSI KI Pusat Arif Adi Kuswardono didampingi tim PSI KI Pusat yang dilaksanakan di Hotel Sahid Serpong, Banten 22-23 November 2019.
Pelaksanaan kegiatan bimtek manajemen PSI secara elektronik (daring) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Komisioner, Panitera, dan Panitera Pengganti (PP) dalam mengelola administrasi penyelesaian sengketa informasi publik melalui elektronik dan non elektronik secara baik, benar, dan terukur. Untuk itu, dilaksanakan pre tes dan post test dalam pelaksanaan bimtek tersebut.
Bimtek diberikan sebagai bentuk tanggungjawab KI Pusat, khususnya Bidang PSI, karena sudah selesainya pengembangan aplikasi SIMSI (Sistem Informasi Manajemen Sengketa Informasi) versi terbaru. Proses pengenalan aplikasi SIMSI versi baru ini sekaligus dirangkai bimtek agar proses bisnis layanan dari manual ke sistem elektronic (daring) dapat berjalan mulus.
Adapun kelebihan lain dari SIMSI versi baru ini, akan mampu menjawab kebutuhan penyelesaian sengketa informasi para pihak, baik Pemohon (Pengguna Informasi Publik) maupun Termohon (Badan Publik) karena dapat memantau (melacak) penanganan penyelesaian sengketa informasi publik yang sudah diputuskan atau sedang dijalaninya di Komisi Informasi. Bahkan masyarakat juga akan dapat melihat kinerja Komisi Informasi yang ada di seluruh Indonesia khususnya berkaitan dengan penanganan sengketa informasi publik melalui aplikasi SIMSI versi baru ini.(Laporan: Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply