KI Pusat Gelar Bimtek “Memperkuat Daya Saing BUMN Lewat Keterbukaan Informasi Publik”


Komisi Informasi (KI) Pusat melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) berlabel “Memperkuat Daya Saing BUMN Melalui Keterbukaan Informasi Publik” di Bogor Jawa Barat, selama dua hari, 27-28 Juni 2019. Kegiatan yang melibatkan sejumlah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) sebagai peserta kegiatan bimtek tersebut diisi oleh Narasumber yang cukup kompeten.
Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik BUMN dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pemahaman substansi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) beserta peraturan yang lainnya. Terutama terhadap pelayanan informasi publik khusus kepada PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) ataupun terhadap Bidang Humas BUMN.
Bentuk kegiatan bimtek ini, selain pemaparan dan diskusi juga diisi dengan simulasi, termasuk dilaksanakannya pre test dan post test serta evaluasi untuk mengukur penguasaan materi oleh peserta dari PPID BUMN. Karena, berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan KI Pusat pada 2018, ada 104 BUMN masuk dalam kualifikasi tidak informative, ini menandakan bahwa BUMN masih banyak yang belum melaksanakan keterbukaan informasi publik sebagaimana diatur dalam UU KIP.
Adapun Narasumber pada diskusi sesi pertama diisi oleh Ketua KPPU Kurnia Toha dengan tema “Transparansi dalam Kerangka Persaingan Usaha yang sehat” dan Penasihat KPK Mohammad Tsani Annafari membawakan materi “Urgensi Transparansi BUMN Dalam Upaya Pencegahan Korupsi”.
Untuk sesi kedua, diisi oleh Komisioner KI Pusat Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi tema “Penguatan PPID dalam pelaksanaan Standar Layanan Informasi publik” dan Kepala Biro Umum dan Humas/Atasan PPID Kementerian BUMN Wahyu Wibowo dengan tema Arah Kebijakan Kementerian BUMN dalam Mendorong Keterbukaan Informasi di BUMN. Acara diawali dengan laporan dari Plt Sekretaris KI Pusat Bambang Sigit Nugroho yang dilanjutkan pembukaan oleh Ketua KI Pusat Gede Narayana. (Laporan : Karel Salim/Ilustrasi: Reno Bima)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply