KI PUSAT GELAR UJI PUBLIK RANCANGAN PERKI SLIP SECARA VIRTUAL LIBATKAN KI SELURUH INDONESIA

Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar uji publik tahap pertama terhadap rancangan Peraturan KI (Perki) tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) yang melibatkan KI seluruh Indonesia yang dilaksanakan secara virtual (zoom meeting), Kamis (11/06) sore. Ketua KI Pusat Gede Narayana menyampaikan apresiasianya yang tinggi terhadap partisipasi aktif Komisioner KI Provinsi dan KI Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dalam acara bertajuk Uji Publik tersebut, sehingga diyakini akan menghasilkan Perki cukup sempurna tentang SLIP.

Pada kesempatan Uji Publik hadir Wakil Ketua KI Pusat Hendra J Kede sekaligus membuka acara tersebut, dengan Narasumber Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik KI Pusat Muhammad Syahyan yang menyampaikan paparannya tentang alasan membuat Perki SLIP untuk menggantikan Perki 1 Tahun 2010 tentang SLIP yang sudah lama. Bersamaan dengan itu, Sekretaris KI Pusat MH Munzaer menyampaikan laporannya sebagai penyelenggara kegiatan Uji Publik Perki SLIP ini sekaligus memperkenal diri langsung kepada Komisioner KI seluruh Indonesia, sebagai Sekretaris KI Pusat yang baru menggantikan Plt. KI Pusat Bambang Sigit Nugroho mulai awal Juni ini.

Adapun Narasumber lainnya, adalah M Nasef yang merupakan Konsultan Rancangan Perki ini dari Universitas Tri Sakti Jakarta, menyampaikan bahwa Perki tentang SLIP yang dirancang bersama tim KI Pusat merupakan Perki baru. Disebutnya sebagai Perki baru, karena lebih dari 50 persen isi Perki merupakan norma baru yang dituangkan sehingga bukan hanya sekedar revisi Perki 1/2010 tentang SLIP yang sudah berusia 10 tahun.

Wakil Ketua KI Pusat Hendra J Kede selaku penanggungjawab pembuatan Perki baru ini menyatakan hal yang sama, bahwa Perki tentang SLIP merupakan produk baru KI Pusat bukan revisi dari Perki sebelumnya. Sementara Tenaga Ahli KI Pusat Agus Wijayanto Nugroho menyampaikan bahwa sejumlah ketentuan baru masuk dalam Perki tentang SLIP ini yang belum diakomodir di Perki 1/2010, diantaranya tentang Wali Data, Satu Data, UU Kearsipan, UU Administrasi Negara sehingga Perki baru cukup mengakomodir perkembangan tuntutan zaman untuk keterbukaan informasi publik di tanah air.

Disampaikannya pula bahwa kegiatan Uji Publik Perki baru tentang SLIP ini masih terus akan berlanjut ke tahap berikutnya, yaitu tahap dua, tiga, empat, dan lima dengan peserta dari BUMN, Kementerian, LNS, PTN, Pemprov, dan Parpol. Pelaksanaan pembuatan Perki tentang SLIP ini merupakan kerjasama KI Pusat dengan Plan C, yang merupakan lembaga pegiat keterbukaan informasi publik di tanah air. (Laporan: Karel Salim)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply