KI Pusat Kabulkan Permohonan Informasi Supran terhadap KY


Komisi Informasi (KI) Pusat mengabulkan permohonan informasi yang diminta Pemohon Individu H Supran kepada Termohon Badan Publik Komisi Yudisial (KY). Dalam persidangan dengan agenda pembacaan putusan yang dipimpin Ketua Majelis Komisioner (MK) Muhammad Syahyan beranggotakan Romanus Ndau Lendong dan Cecep Suryadi di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Selasa (21/05), amar putusan MK menyatakan mengabulkan permohonan informasi pemohon.
Pada persidangan pembacaan putusan, dihadiri kuasa termohon tanpa dihadiri kuasa pemohon yang berdomisili di Kota Sorong Papua Barat, selain mengabulkan permohonan informasi pemohon, MK juga putuskan informasi yang diminta pemohon adalah informasi terbuka hanya bagi pemohon. Pemohon meminta informasi tentang dokumen petikan putusan KY termasuk pertimbangannya soal sidang etik hakim di PN Sorong yang sudah dinyatakan melanggar etik.
Dalam persidangan sebelumnya, termohon telah melaksanakan uji konsekuensi yang mengecualikan informasi yang diminta pemohon. Untuk itu, MK melakukan uji kepentingan publik yang putuskan, informasi yang diminta pemohon adalah informasi terbuka bagi pemohon karena untuk melindungi kepentingan publik yang lebih besar, yaitu informasi akan dipergunakan pemohon sebagai upaya penegakan hukum melakukan PK (Peninjaun Kembali) atas vonis terhadap pemohon di PN Sorong. (Laporan: Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply