KI Pusat Kembali Gugurkan Register Pemohon Informasi


Komisi Informasi (KI) Pusat kembali menggugurkan register pemohon informasi karena pemohon tidak menghadiri persidangan meski telah dipanggil secara patut. Pembacaan putusan gugur disampaikan pada persidangan yang dipimpin oleh Ketua Majelis Komisioner (MK) KI Pusat Arif Adi Kuswardono beranggotakan Geda Narayana dan Muhammad Syahyan didampingi Panitera Pengganti (PP) Reyhan di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jl Abdul Muis Jakarta Pusat, Senin (01/07).
Sebelum acara persidangan pembacaan putusan gugur, MK mengawali dengan persidangan pertama pada hari yang sama namun tidak dihadiri pemohon dan hanya dihadiri dua orang kuasa termohon. Pada persidangan pertama itu, MK mempertanyakan alasan pemohon tidak hadiri sidang yang sudah digelar sebanyak tiga kali kepada PP, sidang pertama tanpa dihadiri para pihak, sidang kedua tanpa dihadiri pemohon dan dihadiri termohon, serta sidang ketiga kembali tanpa kehadiran pemohon namun dihadiri termohon.
PP menjelaskan bahwa pemohon telah dipanggil secara patut, jika pada sidang sebelumnya pemohon menyatakan sakit namun tanpa surat keterangan asli dari dokter maka pada persidangan ketiga, pemohon justru minta sidang ditunda karena 3 Juli 2019 pemohon dipanggil sidang ke KI Kalimantan Timur. MK akhirnya memutuskan untuk menggelar sidang terakhir membacakan putusan gugur dan persilakan termohon menunggu sekitar 30 menit menunggu sidang putusan.
Pada sidang putusan gugur, dalam amar putusannya MK menyatakan permohonan informasi pemohon dengan register 112/IX/KIP-PS/2017 antara PT Merah Putih terhadap PT Pelindo IV Cabang Samarinda dinyatakan gugur dan perintahkan PP mencoret nomor register tersebut dari register sengketa di KI Pusat. Namun MK juga mengingatkan kepada kuasa termohon bahwa putusan gugur ini tidak menghilangkan hak pemohon untuk mengajukan permohonan informasi ke termohon.(Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply