KI PUSAT MOU DENGAN 8 PTN PADA ACARA RAKERNIS KE-10 2021 DI BEKASI


Sebanyak delapan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melaksanakan kesepakatan bersama (MoU/Memorandum of Understanding) dengan Komisi Informasi (KI) Pusat dalam rangka pelaksanaan keterbukaan informasi bagi civitas akademika serta masyarakat. Pelaksanaan MoU tersebut dilaksanakan pada acara pembukaan rapat kerja teknis (Rakernis) ke-10 di Hotel Amaroossa Grande Bekasi, Jumat (28/05/2021). Acara MoU juga disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Mira Tayyiba secara virtual melalui zoom meeting.

Ketua KI Pusat Gede Narayana bersama wakil 8 PTN melaksanakan pendatanganan MoU secara offline dan online melalui zoom meeting. Adapun ke-8 PTN tersebut, terdiri dari IPB bogor, Unpad Bandung,Unibraw Malang,UNM Malang,ITS Surabaya, Unila Lampung, Udayana Bali, dan UI Jakarta.

Kerjasama akan dilaksanakan dalam enam poin, keterbukaan informasi pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dukungan keterbukaan informasi masyarakat, dukungan keterbukaan informasi Sumber Daya Manusia serta organisasi, serta kerjasama sesuai kesepakatan. Rektor Unibraw dan Rektor IPB menyambut baik kerjasama ini sebagai bagian dari upaya menuju pelaksanaan good governance.

Pada pembukaan acara Rakernis ke-10, Gede Narayana menyampaikan bahwa pandemi covid-19 membuat semuanya harus beradaptasi baru. “Salah satu PR yang penting adalah membangun karakter bangsa yang terbuka dan demokratis sehingga berdaya saing tinggi,” katanya menjelaskan.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah termasuk Komisi lnformasi dituntut untuk terus memberikan layanan informasi dan meningkatkan layanan berbasis daring (Online). Menurutnya melalui Surat Edaran (SE) KI Pusat no 2/2020 tentang Pelayanan Informasi Publik dalam Masa Darurat Kesehatan Masyarakat akibat Covid-19, KI Pusat menegaskan agar seluruh Badan Publik memaksimalkan layanan informasi berbasis daring.

Sementara itu, Sekretaris KI Pusat MH Munzaer dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Rakernis KI seluruh Indonesia untuk persamaan pandangan dan penguatan Kelembagaan antara KI Pusat dengan KI Provinsi/Kabupaten/Kota dalam mengemban tupoksi dan tanggung jawab serta wewenangnya. Menurutnya perlu persiapan teknis guna menyusun hal-hal yang penting dibahas dan disepakati dibawa ke Rakornas ke-12 2021 ini. (Laporan: Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply