KI Pusat Optimistis Beban Tunggakan Sengketa Dapat Dituntaskan


Komisi Informasi (KI) Pusat optimistis beban tunggakan sengketa informasi publik dapat dituntaskan karena masih menjadi beban KI Pusat dari Bappenas yang perlu segera diselesaikan. Guna memuluskan penyelesaian sengketa informasi yang masih berjumlah 347 register itu, KI Pusat menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) melibatkan Narasumber Edy Wibowo (Mahkamah Agung RI), Anggria Septari (Kemenkum HAM RI), Alamsyah Saragih (Ombudsman RI/ORI) di ruang rapat besar Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Jumat (03/07/2020).

Pelaksanaan FGD melalui pertemuan langsung dan zoom meeting itu dibuka Ketua KI Pusat Gede Narayana didampingi Sekretaris KI Pusat HM Munzaer, dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para narasumber agar tunggakan sengketa yang sudah sekitar sepuluh tahun diregister KI Pusat dapat dituntaskan. Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi (PSI) KI Pusat Arif A Kuswardono menyampaikan bahwa KIP sedang mencari masukan, solusi dan apa langkah yang bisa dilakukan untuk meyelesaiakan register-register yang ada tanpa melanggar prinsip hukum.

“Sebagai gambaran posisi register yang ada di KI Pusat sampai 2019, register sisa berjumlah 347 yang merupkan akumulasi register yang belum terselesaikan dari tahun 2010,” katanya menjelaskan. Menurutnya, selama 10 tahun sudah ada 2 prosedur hukum yang dipergunakan KI Pusat dalam menyelesaikan sengketa informasi, yaitu Perki 2 Tahun 2010 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik (PPSIP) berlaku Agustus 2010, dan Perki 1 Tahun 2013 berlaku 2013.

Namun setelah mendapatkan masukan dari para narasumber, ia mengatakan akan mempelajari semua masukan itu untuk menyelesaikan tunggakan sengketa. “Masukan ini akan kami perkaya dan berdasarkan pengalaman-pengalaman yang sudah di dapat, Saya optimistis beban ini akan selesai,” tegasnya. (Laporan : Karel Salim/Foto: Fardan)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply