KI Pusat Sosialisasi Perki Desa di Rakor PPID se-Kalbar


Komisi Informasi (KI) Pusat melaksanakan sosialisasi Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) se-Kalimantan Barat (Kalbar) di Hotel Kapuas Palace Pontianak pada Kamis (09/08). Kegiatan bertema “PENGUATAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PADA ERA INDUSTRI 4.0 DALAM RANGKA MEWUJUDKAN DESA MANDIRI” dibuka oleh Gubenur Kalbar H Sutarmidji, dihadiri Ketua KI Pusat Gede Narayana, Komisioner KI Pusat Bidang Advokasi Sosialisasi dan Edukasi (ASE) Wafa Patria Umma dan Plt Sekretaris KI Pusat Bambang Sigit Nugroho serta Ketua dan Komisioner KI Kalbar bersama Narasumber dari Kasubbid Komunikasi Kementerian PPN/Bappenas RI.
Gede Narayana dalam forum tersebut menyatakan bahwa, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik memberikan hak kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi publik. “Termasuk didalamnya adalah masyarakat desa, sehingga Perki Desa juga mengamanatkan keterbukaan informasi publik di tingkat desa,” katanya menjelaskan.
Ditambahkan oleh Wafa Fatria Umma, bahwa berdasarkan Perki Nomor 1 Tahun 2018 tentang SLIP Desar, Pemerintahan Desa wajib membentuk PPID Desa untuk memudahkan pelayanan informasi kepada publik. Pembentukan PPID Desa diharapkan dapat membantu masyarakat desa dalam rangka partisipasi dan akuntabelitas publik di desa dengan struktur organisasi yang sesederhana mungkin.
Sementara itu, dalam laporannya, Plt Sekretaris KI Pusat Bambang Sigit Nugroho mengemukakan bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakat desa, maka perlu dilakukan pengelolaan layanan informasi dengan sebaik-baiknya.
Kegiatan Rakor diakhiri dengan pengucapan dan penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik Pemerintah Provinsi Kalimanran Barat oleh PPID se Kalbar.(Sumber: diskominfo.sanggau.go.id/Editor: Karel/Foto:Tya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply