KIP-IKP Gandeng KSP Pantau Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Mudik 2019


Komisi Informasi (KI) Pusat dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Kantor Staf Presiden (KSP) untuk melakukan pemantauan pelayanan informasi mudik 2019. Hal itu disampaikan Komisioner KI Pusat Bidang PSI Arif Adi Kuswardono di Jakarta, sehubungan dengan pelaksanaan pemantauan pelayanan informasi mudik tahun kedua ini yang dilaksanakan KI Pusat dan IKP.
“Pelaksanaan pemantauan informasi pelayanan mudik lebaran merupakan yang kedua setelah dilaksanakan tahun 2018 bekerjasama dengan IKP, maka pada tahun kedua ini melibatkan KSP untuk memantau pelayanan informasi mudik lewat situs www.infomudik.go.id yang melibatkan google Indonesia,” kata Arif menjelaskan.
Menurut ia, tahapan pelaksanaan pemantauan pelayanan informasi mudik dimulai sejak awal Mei 2019 dengan cara menyebarkan kuesioner (SAQ/Self Assesment Question) dan dilanjutkan kunjungan ke Badan Publik (BP) dan pemantauan lapangan hingga 13 Juni. Sebanyak 21 Badan Publik (BP) yang akan dipantau selama musim mudik 2019 ini, diantara Kementerian PUPR, PT Angkasa Pura 2, Dirlantas Mabes Polri, dan PT Jasa Marga.
Disampaikannya, bahwa pemantauan mudik meliputi tiga pengelolaan dan pelayanan informasi mudik, pertama kepatuhan BP terhadap Standar Layanan Informasi Publik (SLIP), kedua keaktifan BP menyampaikan informasi, ketiga inovasi dan kreatifitas pelayanan informasi pelayanan mudik BP.
Ia mengatakan pemantauan juga dilakukan terhadap rest area tol trans Jawa dan Sumatera. Pemantauan rest area untuk memastikan amanat Presiden yang menetapkan tol rans Jawa sebagai tulang punggung mudik 2019 serta menetapkan space 70 persen di rest area untuk keperluan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).(Laporan : Karel Salim/Foto:tempo.co)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply