Komisi I DPRD Konsultasikan Pemilihan Calon Komisioner KI Jabar ke KI Pusat


Komisi I DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi Jawa Barat melakukan konsultasi ke Komisi Informasi (KI) Pusat untuk membahas tentang pemilihan calon komisioner KI Jabar. Dalam acara konsultasi dengan sejumlah anggota Komisi I DPRD Jabar itu, Ketua KI Pusat Gede Narayana bersama Komisioner KI Pusat Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi menerima rombongan DPRD Jabar di ruang rapat lantai 9 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakart pada Selasa (16/07).
Rombongan DPRD Jabar ingin mengetahui tentang mekanisme pemilihan calon anggota komisioner KI Jabar, mulai dari keterwakilan kaum perempuan, disabilitas hingga penentuan wakil pemerintah dalam komposisi komisioner KI Jabar terpilih nantinya. Sebagaimana diketahui, masa pendaftaran calon komisioner berakhir pada 19 Juli 2019 yang selanjutnya dilakukan seleksi administrasi.
Komisioner KI Pusat Bidang Kelembagaan Cecep Suryadi yang juga salah satu anggota Panitia Seleksi calon komisioner KI Jabar mengatakan bahwa, untuk keterwakilan perempuan dan disabilitas dalam komposisi komisioner bersifat tentative. “Jika memang ada yang lolos calon yang mewakili perempuan ataupun yang mewakili disabilitas maka dapat dijadikan komisioner setelah lulus seluruh rangkain tes dan tentunya lolos fit and proper test di DPRD Jabar,” kata Cecep menjelaskan.
Sementara untuk keterwakilan unsur pemerintah, dapat ditentukan oleh pemerintah setempat yang memilih atau pengajuan dari calon sendiri ke pemerintah provinsi. Namun keterwakilan unsur pemerintah tidak harus dari pegawai negeri sipil (PNS) yang penting disahkan oleh Pemda Jabar sebagai wakil dari unsur pemerintah untuk duduk sebagai komisioner KI Jabar.(Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply