Komisioner KPU Hasyim Ashari : “Hasil Pemilu Dikontrol Semua Pihak Secara Terbuka”

Foto: Kompas

Saya berharap masyarakat tidak perlu khawatir tentang isu keberpihakan KPU dalam Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 ini. Sesungguhnya hasil pemilu dikontrol banyak pihak secara terbuka sehingga tidak mungkin KPU mau berpihak.
Hasil pemilu yang tertuang dalam dokumen C1 di TPS sudah dipublikasikan secara luas dan dipegang semua pihak. Bila terjadi kesalahan hitung dapat dikoreksi melalui rekap tingkat Kecamatan oleh PPK dan dituangkan dalam Form DA1.
Sebenarnya peserta pemilu telah disediakan ruang dan kesempatan untuk menyampaikan keberatan dan koreksi dalam setiap tingkat penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara. Tentu saja keberatan dan koreksi harus berbekal dan berdasar kepada alat bukti yang akurat dan valid, maka silakan peserta pemilu menggunakan kesempatan yang telah disediakan tersebut.
Saya memastikan bahwa Pemilu yang jurdil sudah dilaksanakan berdasarkan beberapa indikator. Pertama, proses pemilu dilaksanakan berdasarkan aturan yang sudah ditentukan. Kedua, pemilu diselenggarakan oleh personil yang berintegritas, jujur dan kompeten. Dan ketiga, pemilu dilaksanakan secara akuntabel dan transparan.
Harus (pula) ada partisipasi aktif masyarakat untuk mengontrol proses pemilu agar terwujud pemilu yang berintegritas, yaitu integritas proses dan integritas hasil. Bila pemilu berintegritas, tentu diharapkan hasilnya berlegitimasi dan diterima semua pihak.

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply