Lima Komisioner KI Maluku Periode 2019-2023 Dikukuhkan


Lima Komisioner Komisi Informasi Provinsi Maluku Periode 2019-2023 dikukuhkan oleh Gubernur Maluku di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku, Rabu, 27 November 2019.
Kelima Komisioner KI Malaku yang dikukuhkan tersebut, dua diantaranya incumbant yakni Drs. Mochtar Touwe, M.I.Kom dan M. Kamil Fuad, ST, sedangkan tiga lainnya Siti Nur Malawat, SH, Richard Sipahelut, SE dan Chany Latuhihin, S.Sos.
Gubernur Maluku diwakili Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Maluku, Kasrul Selang dalam sambutannya berharap kepada kelima anggota Komisi Informasi Prov. Maluku yang terpilih agar meningkatkan kinerja, sehingga keterbukaan informasi publik dapat terwujud di Provinsi Maluku. Sebab menurutnya, keterbukaan informasi di era teknologi informasi sud
ah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, terutama di Provinsi Maluku.
Sementara itu, Komisioner Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik Komisi Informasi Pusat (KIP), Muhammad Syahyan mengingatkan kepada kelima komisioner Provinsi Maluku Periode 2019-2023 agar dapat bekerja penuh waktu, menjaga kekompakan dan menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Gubernur) dan DPRD Maluku. Harapan itu dimaksudkan, agar kinerja KI Provinsi Maluku dapat berjalan sesuai harapan.
Syahyan juga berharap kepada Pemerintah provinsi Maluku agar benar-benar berkomitmen dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik di Maluku. Tentu komitmen itu harus diwujudkan dengan regulasi, peningkatan SDM pejabat pelayanan informasi, peningkatan infrastruktur layananan informasi, dan dukungan penganggaran kepada Komisi Informasi provinsi Maluku.
Apalagi kata Syahyan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah menerbitkan surat keputusan Permendagri No. 33 tahun 2019 tentang pedoman penyusunan APBD. “Pemda harus menjalankan Permendagri 33 Tahun 2019 ini, sebab nantinya akan ada evaluasi,” tegas Syahyan.
Hadir dalam acara pelantikan anggota KI Maluku, selain Komisioner KIPusat M. Syahyan, Plt Sekda Maluku Kasrul Selang, juga Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku Frona Kudubun, Panitia Seleksi KI Maluku, pimpinan Forkompinda, anggota DPRD Maluku, Pimpinan OPD di lingkungan Pemrov Maluku dan undangan lainnya. (*).

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply