MENPAN-RB SAMPAIKAN PENGUATAN PERAN TIM PENANGANAN COVID-19 SEBAGAI CRISIS CENTER DI LINGKUNGAN PERKANTORAN INSTANSI PEMERINTAH


Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyampaikan penguatan peran tim penanganan Covid-19 sebagai pusat kiris (crisis center) di lingkungan perkantoran instansi pemerintah. Hal itu disampaikannya saat diskusi panel sesi 1 Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-11 Komisi Informasi (KI) seluruh Indonesia yang dilaksanakan KI Pusat, Senin (26/10/2020).
Dihadapan sekitar 500 peserta MenPAN RB menyampaikan tentang isi Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 69 Tahun 2020. Adapun peserta Silatnas dan Rakornas terdiri dari KI seluruh Indonesia (KI Provinsi/Kabupaten/Kota), tujuh kategori Badan Publik (BP) terdiri dari BP Kementerian, BP BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BP Pemerintah Provinsi (Pemprov), BP LNS (Lembaga Non Struktural), BP LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian), Parpol (Partai Politik), dan PTN (Perguruan Tinggi Negeri), termasuk NGO (Non Government Organization) keterbukaan Informasi Publik.
Melalui SE MenPAN RB itu, Tjahjo memastikan pelaksanaan panduan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di perkantoran instansi pemerintah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan Menteri Kesehatan. Juga menurutnya, memastikan lingkungan kerja yang aman dari Covid-19 dan produktif melalui berbagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di tempat kerja.
“Memantau dan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait dengan penanganan Covid-19. Berkoordinasi dengan Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 setempat dalam upaya pencegahan penularan Covid-19,” tegas MenPAN RB. Bahkan menurutnya, menyediakan pusat panggilan (call center) 24 jam untuk mempercepat penanganan kasus Pegawai ASN dan keluarga yang terkonfirmasi positif Covid-19, probable, suspek, dan memiliki Riwayat kontak erat. (Laporan: Karel Salim/Foto: Humas KemenPAN RB)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply