Mentan Berupaya Tingkatkan Ekspor Atas Dukungan Data Informasi


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakinkan bahwa Kementerian Pertanian akan berusaha meningkatkan ekspor komoniti pertanian. Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan Ketua Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi (KI) Pusat Arif Adi Kuswardono yang mendampingi tim Majalah BUKA KI Pusat di ruang kerja Mentan gedung A Kementan Jakarta pada Kamis (05/12) petang.
Menurut Mentan Syahrul, tidak pernah tercetus akan melakukan impor komoniti pertanian ke Indonesia, yang ada hanya tekad dalam upaya menggenjot ekspor. Ia mengatakan, melalui ekspor komoniti pertanian ke luar negeri maka dapat dipastikan akan mampu mensejahterakan petani.
Disampaikannya lagi, bahwa upaya menuju peningkatan ekspor komoditi pertanian sudah mulai menemukan titik terang, setelah pada 1 Desember 2019 telah berhasil menyatukan data pertanian di semua stake holder dengan BPS sebagai patokan. Menurutnya, satu big data pertanian yang dimiliki Kementan dapat menjawab kebutuhan subsidi pupuk ke petani, musim tanam, hasil produksi dan lainnya.(laporan: karel salim/foto: abdul rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply