MK KI Pusat Bacakan Dua Putusan Gugur dan Satu Penetapan Pencabutan Register Sengketa


Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat membacakan dua putusan gugur dan satu penetapan pencabutan register sengketa informasi di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Kamis (04/07). Ketiga register sengketa informasi tersebut ditangani oleh satu MK dengan formasi ketua Muhammad Syahyan beranggotakan Gede Narayana dan Wafa Patria Umma didampingi Panitera Pengganti (PP) Aldi Rano Sianturi.
Persidangan dimulai dengan pembacaan penetapan untuk pencabutan register sengketa 116/XI/KIP-PS/2017 antara pemohon Isna Fatimah terhadap termohon Kementerian Keuangan RI. MK membacakan penetapan untuk pencabutan setelah panitera menerima surat permohonan pencabutan register oleh pemohon.
Adapun untuk dua register masing-masing, 027/VII/KIP-PS/2018 antara pemohon Muhammad Dafis terhadap termohon BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI dan 038/IX/KIP-PS/2018 antara Muhammad Dafis terhadap BPK Perwakilan Provinsi DKI Jakarta dilakukan sidang secara bersamaan karena pemohon-nya sama.
Dalam persidangan, MK tetap membacakan satu persatu putusan-nya. MK dalam amar putusannya untuk kedua register tersebut, menyatakan permohonan pemohon dinyatakan gugur. Permohonan pemohon dinyatakan gugur, karena dalam dua kali persidangan pemohon tidak menghadiri sidang meski telah dipanggil secara patut oleh panitera.
Berdasarkan pertimbangan hukum yang disampaikan MK, sebagaimana Pasal 30 Perki (Peraturan Komisi Informasi) 1/2013 tentang PPSIP (Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik), dalam hal pemohon dan/atau kuasanya tidak hadir dalam persidangan selama 2 (dua) kali tanpa alasan yang jelas. Permohonan dinyatakan gugur. (Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply