MK KI Pusat Kabulkan Permohonan Pemohon


Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat mengabulkan permohonan informasi pemohon untuk seluruh sepanjang tidak dimaknai informasi dokumen badan hukum luar negeri. Ketua MK KI Pusat diketuai Muhammad Syahyan beranggotakan Hendra J Kede dan Wafa Patria Umma didampingi Panitera Pengganti (PP) Eni Fajar, membacakan putusan register sengketa 015/VI/KIP-PS-A/2018 antara pemohon Ibnu Hajar terhadap Termohon Kementerian Keuangan RI di ruang sidang Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Jumat (20/09).
Persidangan register sengketa informasi yang telah memakan waktu cukup lama sebelum diputuskan itu, hanya dihadiri kuasa termohon tanpa dihadiri pemohon. Dalam amar putusannya, MK mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya sepanjang tidak dimaknai informasi dokumen badan hukum luar negeri.
Pada poin kedua dalam amar putusan MK itu, juga membatalkan Keputusan PPID Kementerian Keuangan Nomor KEP-2/PPID.KK/2018 tentang Klasifikasi Informasi Kementerian Keuangan sepanjang bertentangan dengan putusan ini. Serta memerintahkan Termohon untuk memberikan informasi kepada Pemohon sebagaimana putusan ini.
Adapun informasi yang diminta pemohon, pertama adalah Salinan sesuai aslinya dokumentasi pelelangan/penjualan dan serah terima serta kwitansi/bukti pembayaran yang sah terhadap penjualan atau pengalihan atau penyerahan aset atau objek perkebunan PT Perusahaan Perkebunan dan Pertanian kelompok PT Salim Group yang berlokasi di Kabupaten Aceh Timur Provinsi Aceh oleh Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) kepada pihak pembeli atau penerima.Serta kedua, adalah informasi tentang Salinan sesuai aslinya Akta Pendirian dan Badan Hukum serta perizinan yang dimiliki oleh perusahaan pembeli atau penerima.(Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply