Para Pihak Diminta MK KI Pusat Sampaikan Kesimpulan


Para pihak, baik pemohon maupun termohon diminta oleh Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat untuk menyampaikan kesimpulannya masing-masing sebelum sidang pembacaan putusan yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu depan. Hal itu disampaikan Ketua MK Hendra J Kede beranggotakan Romanus Ndau Lendong dan Arif Adi Kuswardono didampingi Panitera Pengganti (PP) Indra Hasby dalam sidang yang digelar di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Senin (08/07).
Dalam persidangan terakhir sebelum sidang pembacaan putusan itu, para pihak menghadirkan kuasanya, kuasa pemohon diwakili oleh Gading Yonggar dan Asep Komarudin. Sedangkan dari pihak termohon menghadirkan kuasanya, yaitu Henri W H dan Marcel.
Seyogianya, pada persidangan tersebut sesuai jadwal diagendakan untuk mendengarkan keterangan ahli dari pemohon, namun pemohon tak hadirkan ahli sehingga MK melanjutkan persidangan dengan mengajukan sejumlah pertanyaan kepada pemohon dan termohon.
Persidangan yang telah menghadirkan ahli dari termohon itu adalah sidang dengan register sengketa 011/IV/KIP-PS/2018 antara pemohon dari Perkumpulan Masyarakat Indonesia Pecinta Lingkungan dan Perdamaian (Greenpeace Southeast Asia Indonesia Association) terhadap termohon dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertahanan Nasional (BPN) RI.
Pemohon mengajukan permohonan informasi ke termohon tentang informasi ijin Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan kelapa sawit di Provinsi Papua dan Papua Barat. “Alasan kami pengajuan permohonan informasi tersebut kepada Badan Publik (BP) ATR BPN RI untuk dipergunakan sebagai bahan kajian karena tanpa data resmi dari pihak berwenang maka hasil kajian kami tidak bisa dipublikasikan,” kata kuasa pemohon. (Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply