Pemohon dan BP Kementerian ESDM Bersedia Melaksanakan Mediasi di KI Pusat


Para pihak, baik pemohon dan termohon menyatakan bersedia melaksanakan mediasi dalam menyelesaikan sengketa informasi di Komisi Informasi (KI) Pusat untuk register 025/KIP-PS/V/2019 antara Pemohon BNP Law Firm terhadap Termohon Badan Publik (BP) Kementerian ESDM. Hal itu terungkap dalam persidangan yang dipimpin Ketua MK KI Pusat Arif Adi Kuswardono merangkap anggota bersama Romanus Ndau Lendong dan Muhammad Syahyan didampingi Panitera Pengganti (PP) Rano Aldi di Ruang Sidang Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Kamis (23/01/2020).
Dalam persidangan dengan agenda pemeriksanaan awal itu, para pihak menyatakan bersedia dimediasi karena termohon sudah menyatakan bahwa informasi yang diminta pemohon adalah informas terbuka meski sebagian informasi yang diminta itu hanya dapat dilihat tidak bisa diberikan salinannya. MK menyampaikan bahwa dalam mediasi, para pihak dapat saling menyepakati apa yang akan dituangkan dalam kesempatan mediasi nanti.
Adapun informasi yang diminta pemohon yaitu seluruh salinan resmi atau fotocopy atau softcopy atau diperlihatkan fisik dokumen surat keputusan Menteri tentang Izin Usaha Panas Bumi (IUP) PT Geo Dipa Energi (Persero) yang diterbitkan sejak tahun 2002 sampai dengan saat ini.Dalam persidangan, pemohon juga menyampaikan secara detil informasi sebenarnya yang diminta ke termohon agar termohon dapat menyediakan informasi yang diminta secara tepat.
Sementara itu, sebanyak dua register lainnya telah disidangkan secara bersamaan, yaitu 052/X/KIP-PS/2016 antara pemohon TB Azhi Adha Okta Yana & Rendy terhadap termohon Ditjen Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, dan 002/I/KIP-PS/2019 antara pemohon Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (Lembaga Bantuan Hukum Padang) terhadap Kementerian Energi Dan Sumber Daya Alam. (Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply