Pemohon Menyatakan Tidak akan Menghadirkan Saksi maupun Ahli


Kuasa pemohon dari PT Indopress Digi Media menyatakan tidak akan menghadirkan saksi maupun ahli dalam persidangan lanjutan antara Indopress Digi Media terhadap termohon Ombudsman RI (ORI). Kuasa pemohon Irman Abdurrahman menyatakan hal tersebut kepada KI Online, usai Ketua Majelis Komisioner (MK) KI Pusat Hendra J Kede yang beranggotakan Wafa Patria Umma dan Muhammad Syahyan menyidangkan register sengketa 005/III/KIP-PS/2018 itu di ruang sidang I lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Jl. Abdul Muis 40 Jakarta Pusat pada Selasa (09/07).
MK memutuskan melanjutkan persidangan dengan agenda pemeriksaan pokok perkara setelah menolak dalil termohon yang menyatakan memiliki hak imunitas sehingga tidak dapat disidangkan di KI Pusat. Untuk itu, meski termohon tetap tidak hadir dalam persidangan pemeriksaan pokok perkara ini, MK tetap perintahkan panitera melakukan pemanggilan secara patut kepada para pihak, baik pemohon maupun termohon untuk hadir dalam persidangan berikutnya minggu depan.
Meski termohon tidak hadir dalam sidang pemeriksaan pokok perkara, MK tetap memeriksa pemohon guna menggali tentang informasi yang diminta pemohon ke termohon. Dalam keterangannya, kuasa pemohon menyatakan informasi yang diminta ke termohon adalah informasi tentang hasil penyelidikan dugaan maladministrasi yang dilakukan pihak Kementerian Pertanian dan Kementerian lainnya dalam penggrebekan gudang beras PT Indo Beras Unggul (IBU) di Bekasi yang berujung pada putusan bersalah Dirut PT IBU di PN Bekasi.
Adapun tujuan permohonan informasi dilakukan ke ORI, karena dalam jumpa pers, salah satu Komisioner ORI menyatakan hasil lengkap tentang penyelidikan soal maladministrasi akan disampaikan 30 hari ke depan. Namun saat itu, informasi tersebut diminta oleh pemohon karena sudah terlanjur memberitakannya di Indopress.id bahwa 30 hari lagi hasil penyelidikan dugaan maladministrasi akan disampaikan tapi tidak kunjung diumumkan hasilnya akhirnya pemohon ajukan permohonan informasi ke PPID ORI yang berujung kepada sengketa informasi di KI Pusat. (Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply