Pemohon Minta Informasi Absensi untuk Kontrol Pejabat Publik


Pemohon informasi publik mulai mensasar keterbukaan manajemen pejabat publik di tanah air, seperti yang dilakukan Pemohon Individu Farid Mu’adz. Dalam persidangan pemeriksaan kedua, MK (Majelis Komisioner) Komisi Informasi (KI) Pusat yang dipimpin Romanus Ndau Lendong beranggotakan Gede Narayana dan Muhammad Syahyan didampingi Panitera Pengganti (PP) Ica di ruang sidang Kantor KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Senin (11/11), disidangkan register 018/VII/KIP-PS/2018 antara Farid terhadap Termohon Badan Litbang Kementerian Pertanian RI.
Persidangan dihadiri para pihak, baik pemohon maupun kuasa pemohon itu terungkap bahwa pemohon meminta informasi absensi seorang pejabat Balitbang Kementan yang bertugas di Banjarbaru Kalimantan Selatan. Alasan pemohon meminta informasi absensi sang pejabat karena seringkali pemohon menemukan pejabat tersebut berada di dekat rumahnya sehingga menimbulkan pertanyaan kenapa pejabat publik yang bertugas di luar kota seringkali berada di rumah.
Pemohon ingin melakukan kontrol terhadap pejabat publik agar penyelenggaraan negara ini dipastikan berlangsung efektif dan efisien. MK sependapat dengan pemohon yang menggunakan keterbukaan informasi publik untuk mengontrol pejabat, untuk itu MK meminta para pihah bersedia dimediasi yang di-aminkan oleh para pihak untuk dimediasi. (Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply