Petani Go Online, Akses Informasi untuk Sejahterakan Petani

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan kegiatan Petani Go Online untuk para petani di Kabupaten Agam, Sumatera Barat pada Senin (15/4). Program Petani Go Online ini bertujuan agar Petani Indonesia dapat memanfaatkan Teknologi informasi agar meningkatkan kesejahteraan petani di Indonesia.

Dalam Kegiatan tersebut, Direktorat Aptika bekerjasama dengan pengembang aplikasi pertanian 8villages memperkenalkan Aplikasi “Petani”. Dalam aplikasi ini Petani Indonesia dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai pertanian seperti perkembangan harga komoditi, pupuk, cuaca, dan lainnya.

Bupati Kabupaten Agam Indra Catri mengatakan Kegiatan Petani Go Online sangatlah baik untuk mendukung perkembangan petani modern. Ia menambahkan dengan adanya Petani Go Online Petani dapat mengetahui informasi secara cepat dan tepat. Ia berharap petani di Kabupaten Agam dapat memnfaatkan sarana teknologi ini untuk kesejahteraan petani.

Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aplikasi Informatika Nizam dalam paparannya mengatakan bahwa petani di Indonesia tidak boleh kalah dengan petani dari negara lain. Petani Indonesia harus menjadi petani modern dengan menggunakan teknologi informasi. Ia mengatakan bahwa teknologi informasi ini akan membuat petani lebih dekat dengan pasar. “Petani bisa memasarkan hasil panennya sendiri secara langsung ke pembeli secara online,” Tegasnya.

Cecep Suryadi Komisioner Komisi Informasi Pusat mengatakan bahwa semua petani di Indonesia mempunya hak untuk memperoleh dan mengakses informasi publik. Menurutnya hak memperoleh informasi publik sudah terjamin dalam Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Ia menambahkan Pemerintah saat ini sudah memberikan kebijakan dan program program untuk mendorong petani sejahtera. Cecep mengharapkan para petani Indonesia dapat memanfaatkan Teknologi Informasi sebaik-baiknya untuk mengakses informasi yang dibutuhkan.

Komisi Informasi Pusat akan berusaha untuk menjangkau keterbukaan informasi kesemua lapisan masyarakat sesuai program ” Informasi Untuk Negeri”. (Laporan/foto: Reno Bima Yudha/Editor: Karel)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply