Prof Dr. Mahfud MD (Pakar Hukum Tata Negara) : “Temukan Kecurangan Pemilu Laporkan Saja..”

Foto: Ari Wijaya

Saya menilai pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019 sudah berlangsung secara damai. Sehingga, jika ada pihak menemukan kecurangan pemilu dapat melaporkannya saja. Semua instrumen hukum dalam pelaksanaan pemilu kali ini sudah sangat lengkap.
Saya menghimbau kepada masyarakat, termasuk tim pasangan calon presiden (paslon) maupun elit politik, dapat mempergunakan koridor hukum yang sudah ada. Jika benar-benar mempunyai bukti kecurangan pemilu, semua pihak yang menemukan adanya kecurangan pemilu, maka dapat melaporkannya ke Bawaslu. Jika masih kurang puas dapat berlanjut ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Jika tidak puas juga, maka dapat menyampaikan laporannya ke Mahkamah Konstitusi.
Kondisi sekarang sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kondisi pemilu di masa Orde Baru. Pada masa Orba semua ditentukan dari atas, pengendali rezim bahkan bisa menentukan partai mana yang akan memenangkan pemilu.
Penyelenggara pemilunya juga (saat itu) adalah LPU (Lembaga Pemilihan Umum) yang diketuai oleh Menteri Dalam Negeri, tanpa ada badan pengawas seperti sekarang ini. Hanya ada pengawas dari Kejaksaan Agung yang juga merupakan bagian dari LPU. Sekarang sudah sangat lebih demokratis karena lembaga yang mengawasi jalannya pemilu dibuat bertingkat hingga Mahkamah Konstitusi.

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply