Rudianto Tjen: KI Pusat dan KI Daerah Seharusnya Dibiayai Langsung APBN


Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen mendorong eksistensi Komisi Informasi (KI) Pusat dan KI Daerah yang terdiri dari KI Provinsi dan KI Kabupaten/Kota. “Untuk mendorong eksistensi KI Pusat dan KI Daerah maka seharusnya anggaran dibiayai langsung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara,” kata Rudianto saat berbicara di diskusi tentang PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) yang digelar KI Provinsi Bangka Belitung di Novotel Hotel Bangka, Selasa (24/09).
Pada acara diskusi untuk mengawali pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) KI seluruh Indonesia itu, Rudianto menilai wajar jika Komisi Informasi mendapatkan dukungan langsung pembiyaan dari ABPN secara nasional. “Jika Komisi Informasi mendapatkan dukungan dana langsung dari APBN dari pusat hingga daerah maka bisa sederajat dengan komisi lainnya, seperti Komisi Pemberantasan Korupsi dan Komisi Pemilihan Umum,” jelasnya lagi.
Ia mengatakan, dengan adanya pembiayaan langsung dari APBN maka KI Pusat akan memiliki wewenang penuh untuk bersinergi secara structural ke KI Daerah di seluruh Indonesia. Namun menurutnya, memang tidak mudah untuk langsung mendapatkan anggaran APBN sebelum Undang-Undang Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik direvisi.(Laporan: Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply