Saksi Menyatakan Pemohon Berhak Atas Informasi Warkah yang Diminta ke Kemen ATR BPN


Komisi Informasi (KI) Pusat menyidangkan dua register dengan agenda pemeriksaan lanjutan. Pada persidangan pertama yang dipimpin Ketua Majelis Komisioner (MK) Gede Narayana beranggotakan Wafa Patria Umma dan Hendra J Kede didampingi Panitera Pengganti (PP) R Arif Yulianto di ruang sidang 2 Skretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Rabu (16/12/2020).
Dalam persidangan antara pemohon Robert Sudjasmin terhadap termohon Kementerian ATR-BPN (Agraria dan Tata Ruang-Badan Pertanahan Negara) mengagendakan mendengarkan keterangan saksi dari KPKNL. Adapun informasi yang diminta pemohon adalah informasi warkah atas sertifikat tanah nomor 139 milik pemohon yang sempat dilelang di Balai Lelang Negara.
Dalam keterangannya, saksi dari KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) menyatakan pemohon berhak atas segala informasi terkait warkah sertifikat nomor 139 karena pemohon punya itikad baik.
Diilustrasikan dalam persidangan sengketa informasi itu, pemohon membeli tanah seharga Rp 600 Juta pada 1974 seluas 8.320 m2 di Kelapa Gading yang sekarang harganya per meter ditaksir sekitar Rp 50 Juta. MK putuskan untuk membacakan putusan dari persidangan ini pada Senin (21/12/2020).
Sementara pada sidang kedua atas register 023/V/KIP-PS/2019 antara pemohon Amzir Arliz terhadap termohon Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Persidangan lanjutan ini juga ditangani oleh Ketua MK Wafa Patria Umma beranggotakan Gede Narayana dan Hendra J Kede didampingi PP Eni Fajar, informasi yg diminta apakah fotocopy kutipan risalah lelang no 693/2011 sesuai aslinya.(laporan/foto: karel salim)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply