Seminar Nasional di Flores: KI Pusat dan MK MoU Penggunaan Fasilitas untuk Sidang Jarak Jauh


Dua Lembaga Negara menggelar kegiatan Seminar Nasional bersama, yaitu Komisi Informasi (KI) Pusat dan Mahkamah Konstitusi (MK) di Ruteng, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (29/11). Dalam pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional itu, dirangkaikan dengan MoU (Memorandum of Understanding), yang diantaranya berisi tentang kerjama penggunaan fasilitas video conference milik MK di seluruh Indonesia untuk dapat dipergunakan oleh KI Pusat dalam melakukan persidangan jarak jauh.
Kegiatan Seminar Nasional ini juga diisi dengan acara Bedah Buku yang telah diterbitkan oleh Mahkamah
Konstitusi. Pada kesempatan itu pula dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tentang Curah Pendapat Ahli/Akademisi dalam rangka Perubahan Peraturan Mahkamah Konstitusi Dan Evaluasi Penanganan Perkara Pengujian Undang-Undang Tahun 2019.
Kegiatan FGD tersebut dimaksudkan untuk para Ahli/Akademisi dan Mahasiswa Doktoral mendapatkan informasi,
bahan serta perkembangan terbaru teori dan praktik, serta implementasi hukum acara penanganan perkara oleh Mahkamah Konstitusi.Juga diharapkan para Ahli/Akademisi dan Mahasiswa Doktoral dapat mengetahui bagaimana kesesuaian antara teori dan praktik beracara di Mahkamah Konstitusi langsung oleh narasumber yang berasal dari Hakim Mahkamah Konstitusi dan Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi.
Sementara Mahkamah berharap memperoleh masukan sebagai bahan dalam rangka perubahan Peraturan Mahkamah Konstitusi untuk penyempurnaan produk hukum yang mengatur hukum acara dalam pelaksanaan tugas dan wewenang Mahkamah terkhusus dalam penanganan perkara.Serta Mahkamah memperoleh masukan dan evaluasi terkait Penanganan Perkara
Pengujian Undang-Undang Tahun 2019.
Rangkaian kegiatan kedua lembaga negara ini disusun cukup padat untuk menghasilkan output yang terbaik. Pada kesempatan itu, Ketua KI Pusat Gede Narayana bersama Ketua Bidang Penelitian dan Dokumentasi KI Pusat Romanus Ndau Lendong serta Tenaga Ahli (TA) KI Pusat Agus Wijayanto Nugroho hadir dalam Seminar Nasional tersebut. Sementara dari Mahkamah Konstitusi hadir langsung, Ketua MK Anwar Usman didampingi Sekjen MK M Guntur Hamzah. (Laporan : Karel Salim/Foto: Agus Wijayanto)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply