Tak Penuhi Kewenagan Relatif, KI Pusat Menolak Dua Permohonan Informasi Pemohon


Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat membacakan dua putusan yang dalam amar putusannya menolak permohonan informasi pemohon. Ketua MK KI Pusat Arif A Kuswardono beranggotakan Gede Narayana bersama M Syahyan didampingi Panitera Pengganti (PP) Aldi Rano Sianturi, membacakan dua putusan untuk pemohon informasi yang sama dengan dua Badan Publik (BP) berbeda di ruang sidang Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta Pusat, Rabu (02/12/2020).
Adapun dua register sengketa informasi itu, adalah 039/VIII/KIP-PS/2015 antara Pemohon Muhammad Syarif terhadap Termohon BP Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi dan register 042/VIII/KIP-PS/2015 antara Muhammad Syarif terhadap BP Dinas Tata Ruang dan Pengembangan Wilayah Kabupaten Bekasi. Namun dalam amar putusannya, MK menyatakan menolak permohonan informasi pemohon dengan alasan tidak terpenuhinya kewenangan relatif untuk sidangkan dua register ini di KI Pusat, untuk itu MK sarankan pemohon mengajukan sengketa informasi nya ke KI Jabar yang memiliki kewenangan relatif karena sesuai dengan BP tingkat daerah Jabar yang disengketakan.
Meski menolak permohonan informasi pemohon, nemun MK menyatakan tidak gugur hak pemohon untuk meminta informasi yamg dimaksud.(Laporan: Karel Salim/Foto:Ari)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply