TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DALAM PERSIDANGAN, KI PUSAT KABULKAN PERMOHONAN PEMOHON UNTUK SEBAGIAN


Komisi Informasi (KI) Pusat mengabulkan permohonan informasi Pemohon Badan Hukum PT Bumi Gas Energi untuk sebagian karena Termohon Dirjen Energi Baru Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) hanya menguasai sebagin informasi yang diminta pemohon. Amar putusan terhadap sengketa informasi register 057/XI/KIP-PS/2018 antara Pemohon BNP Law Firm (kuasa PT Bumi Gas Energi) terhadap Termohon Dirjen Energi Baru ESDM itu dibacakan oleh Majelis Komisioner (MK) yang diketuai Arif A Kuswardono beranggotakan Romanus Ndau Lendong dan Muhammad Syahyan didampingi Panitera Pengganti (PP) Aldi Rano Sianturi di ruang rapat lantai 9 Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta, Kamis (13/08/2020).
Pengalihan ruang sidang ke lantai 9 Sekretariat KI Pusat itu dilakukan demi untuk mematuhi protokol kesehatan dalam rangka mencagah penyebaran pandemi covid-19. Selain memindahkan ruang persidangan dari ruang sidang lantai 1 Wisma BSG, juga dilakukan persidangan secara daring (dalam jaringan) melalui zoom meeting yang dihadiri para pihak, baik pemohon maupun termohon.
Dalam amar putusannya, MK memutusukan untuk mengabulkan permohonan informasi pemohon untuk sebagian karena sebagian informasi yang diminta oleh pemohon tidak dalam penguasaan termohon. Namun sejumlah informasi lainnya yang diminta pemohon dinyatakan terbuka dan MK perintahkan kepada termohon untu memberikan informasi yang diminta pemohon.
Diantara informasi yang dinyatakan terbuka dan diberikan kepada pemohon adalah informasi tentang Berita Acara serah terima Pengelolaan Daerah Dieng dan Daerah Patuha dari BPDP ke PT Bumi Gas Energi.
Termohon diminta serahkan informasi tersebut ke pemohon setelah putusan ini berkekuatan tetap (incrach) dan membebankan biaya penyalinan atau foto copy kepada pemohon. Penyelesaian sengketa informasi ini sudah sempat dimediasi namun gagal sehingga kembali ke persidangan ajudikasi non litigasi.(Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply