Termohon Berharap KI Pusat Menolak Permohonan Informasi Pemohon


Termohon dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berharap kepada Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat supaya menolak permohonan informasi pemohon dari Jaringan Advokasi Tambang (Jatam). Kuasa termohon menyampaikan hal tersebut dalam persidangan mendengarkan kesimpulan dari termohon, sidang yang dipimpin Ketua MK Romanus Ndau Lendong beranggotakan Arif Adi Kuswardono dan Muhammad Syahyan dilaksanakan di ruang sidang lantai 1 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Senin (20/05).
Dalam kesimpulan termohon, alasan untuk meminta MK menolak permohonan informasi pemohon, diantaranya, pertama informasi yang diminta pemohon dapat diakses di website Kementerian ESDM bahkan dapat juga diakses melalui aplikasi android. Kedua, menurut termohon karena pemohon telah melakukan permohonan informasi yang tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh dan iktikad baik, sehingga termohon menilai telah melanggar Pasal 4 Perki 1/2013.
Atas permohonan termohon kepada MK dalam kesimpulan termohon tersebut, maka MK memutuskan untuk meminta kepada pemohon memberikan tanggapan atas kesimpulan termohon paling lambat pada 23 Mei. Pada persidangan yang tidak dihadiri pemohon itu, MK meminta paniter melakukan pemanggilan para pihak pada 28 Mei 2019 dengan jadwal pembacaan putusan untuk register sengketa informasi 040/IX/KIP-PS/2018 antara Jatam terhadap Kementerian ESDM.(Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply