Universitas Khairun Ternate Siap Menjadi PTN Terbuka


Universitas Khairun Ternate terus berbenah untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbuka dan transparan dalam pelayanan informasi publik. Salah satu langkah yang dilakukannya dengan menetapkan Standar Layanan Publik (SLP) Universitas Khairun.
Penetapan Standar Layanan Publik Universitas Khairun tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah SLP oleh Rektor Universitas Khairun, Prof. Dr.Husen Alting, SH,MH disaksikan Komisioner Komisi Informasi Pusat Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik, Muhammad Syahyan, Tenaga Ahli (TA) KIPusat Agus Wijayanto, Wakil Rektor 1 Univ. Khairun Dr. Suratman Sujud dan pejabat Dinas Kominfo Kota Ternate di Aula Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Senin, 25 November 2019.
Muhammad Syahyan dihadapan Rektor, Wakil Rektor, para Dekan, Kabiro dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Univ. Khairun menegaskan, setidaknya ada dua hal penting yang termuat di dalam UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi. Pertama, kata Syahyan, UU KIP mewajibkan setiap Badan Publik (BP) untuk meningkatkan pelayanan informasi dan memberikan akses informasi ke publik secara aktif dan pasif. Kedua, sebut Syahyan, UU KIP memberi jaminan kepada setiap warga negara untuk mendapatkan akses informasi dari Badan Publik. Sebab mendapat akses informasi merupakan hak asasi setiap warga negara. Jaminan tersebut juga tertuang dalam pasal 28 F UUD 1945.
Rektor Univ. Khairun Prof. DR Husen Alting mengatakan kesiapannya untuk menjadikan Universitas Khairun menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terbuka dan transparan. Karenanya, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan informasi kepada publik dengan menyiapkan sarana, prasarana dan infrastruktur pendukung, seperti Standar Layanan Publik. (Laporan : Karel Salim/Foto: Istiningsih)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply