Minta Putusan Hukuman Mati untuk PK

Pemohon Informasi Publik dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Masyarakat sengketakan Termohon dari PN (Pengadilan Negeri) Jakarta Pusat untuk memperoleh hasil putusan hukuman mati terdakwa Anita. Kuasa Pemohon yang hadir dalam persidangan yang dipimpin Ketua Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat Arif Adi Kuswardono beranggotakan Romanus Ndau Lendong dan Gede Narayana di Ruang Sidang Kantor KI Pusat pada Selasa (29/01), meminta informasi putusan PN Jakpus sebagai bahan untuk upaya hukum Peninjauan Kembali (PK).

Pada sidang lanjutan sengketa informasi tersebut yang juga dihadiri oleh Kuasa Termohon yang sudah sempat menolak permohonan informasi pemohon dengan alasan informasi yang diminta adalah informasi yang dikecualikan. MK menyampaikan bahwa jika termohon telah mengecualikan informasi yang diminta termohon maka langsung dilanjutkan sidang ajudikasi non litigasi, namun bila ingin menempuh mediasi maka dipersilakan termohon menarik pengecualian informasi tersebut.

Padahal dalam permohonan informasi yang sama dilakukan oleh pemohon terhadap Termohon PN Jakarta Utara sudah menyerahkan informasi yang diminta pemohon sehingga registrasi dengan permohonan informasi yang sama dengan terdakwa berbeda telah dicabut. Pada sidang itu juga MK tersebut telah membacakan penetapan pencabutan register 012/IV/KIP-PS/2018 antara LBH Masyarakat terhadap PN Jakarta Utara.

Semetara pada hari ini juga, telah dilaksanakan persidangan dengan MK yang sama terhadap enam register sengketa informasi. Juga disidangkan register antara Pemohon Sumardjono terhadap Termohon Badan Pertanahan Nasional RI dengan agenda tunggal pembacaan penetapan mediasi dipimpin Ketua MK Gede Narayana bersama anggota Muhammad Syahyan dan Cecep Suryadi. (Laporan ; Karel/Foto: Adul)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply