Sidang Tiga Kali, Ombudsman Menyatakan Informasi yang Diminta Pemohon Dikecualikan

Laporan : Karel Salim

Ketua Majelis Komisioner (MK) Komisi Informasi (KI) Pusat Gede Narayana dengan anggota Romanus Ndau Lendong dan Arif Adi Kuswardono didampingi Panitera Pengganti (PP) Ramlan Ahmad harus melaksanakan persidangan tiga kali untuk satu register pada persidangan sengketa informasi publik di Ruang Persidangan Lantai 1 Kantor KI Pusat Wisma BSG Jakarta pada Senin (24/09). Persidangan dengan register sengketa 045/PSI-PS/IX/KIP/2015 antara Pemohon individu Kusnandar terhadap Termohon Badan Publik (BP) Ombudsman dimulai dengan sidang terbuka kemudian sidang tertutup dan kembali dilaksanakan sidang terbuka.

Usai pelaksanaan tiga kali persidangan, Kuasa Termohon Ombudsman kepada KI Online menyampaikan bahwa informasi yang diminta oleh Pemohon tentang notulen rapat Ombudsman terkait dugaan mal administrasi terhadap tanah wakaf di Kelurahan Rawamangun, tepatnya di Jl. Rawamangun Muka III Jakarta Timur. Menurut Kuasa Termohon informasi mengenai notulen rapat tersebut merupakan informasi yang dikecualikan berdasarkan Pasal 30 UU Ombudsman sehingga tidak bisa diberikan kepada Pemohon Informasi Publik.

Pada persidangan tersebut, Pemohon dan Termohon hadir sehingga semua proses persidangan dapat berlangsung secara lancar meski Pemohon tetap menyatakan informasi yang diminta ke Ombudsman merupakan informasi yang terbuka demi untuk mengungkap tentang kepemilikan tanah wakaf tersebut. MK menyampaikan bahwa persidangan akan dilaksanakan satu kali lagi kemudian ditutup dengan persidangan dengan agenda pembacaan putusan yang nanti akan disampaikan oleg PP kepada para pihak.

Ombudsman disengketakan oleh pemohon informasi Kusnandar yang meminta informasi terkait notulensi rapat wakaf tanggal 19 April 2016 yang dihadiri wakil Departemen Agama RI, Kecamatan Pulogadung, Kantor Urusan Agama, Badan Wakaf Indonesia, dan Kelurahan Rawamangun Jakarta. Sementara informasi terkait dinyatakan sebagai informasi yang dikecualikan oleh Termohon.

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply