Pemohon Gagal Hadirkan Ahli di Sidang KI Pusat

Laporan : Karel Salim

Pemohon Informasi Publik gagal menghadirkan Ahli dalam persidangan yang digelar di Ruang Sidang Lantai 1 Kantor Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat di Wisma BSG Jakarta pada Kamis (27/09). Ketua Majelis Komisioner (MK) Hendra J Kede beranggotakan Cecep Suryadi dan Wafa Patria Umma didampingi Panitera Pengganti (PP) Eni Fajar, harus menggelar dua kali persidangan pada hari yang sama atas register sengketa 057/XII/KIP-PS/2017 antara Pemohon Ricky Gunawan terhadap Termohon Badan Publik Kejaksaan Agung RI.

Persidangan pertama dilaksanakan untuk memastikan kesaksian Ahli dari IDI (Ikatan Dokter Indonesia) yang rencananya akan dimajukan oleh Pemohon namun ternyata tidak dapat hadir di persidangan karena berhalangan. Kemudian MK menskor persidangan sebelum masuk pada persidangan kedua guna memastikan pelaksanaan persidangan berikutnya sehingga jangka waktu 100 hari penyelesaian sengketa informasi di KI Pusat dapat terpenuhi.

MK memutuskan untuk segera menyelesaikan sengketa informasi ini dengan tinggal menggelar dua persidangan lagi. Pada persidangan berikutnya akan dituntaskan persidangan mendengarkan keterangan Ahli dari para pihak,baik Pemohon maupun Termhon, kemudian pada persidangan berikutnya adalah sidang dengan agenda pembacaan putusan karena semuanya dianggap sudah lengkap.

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply