Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

Ketua KI Pusat: Publik Harus Dilibatkan dalam Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro menyampaikan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam dialog terkait Groundbreaking Sustainability Hub pada program Kabar Khusus TvOne. 

“Keterlibatan masyarakat itu harus ada. Jadi kalau saya mengistilahkan itu meaningful participation, diundang lah beberapa publik, wakil-wakil publik, kemudian nanti ada transparansi di situ dan akuntabilitas badan publik”, tegas Donny. 

Donny menilai, kebijakan terkait pembangunan IKN yang sudah dilakukan oleh pemerintah sejauh ini sudah baik dan sejalur dengan tujuan dari pembangunan itu sendiri. Hanya saja, pemerintah juga tetap perlu memperhatikan proses dalam pembuatan kebijakan tersebut sehingga tetap melibatkan masyarakat di dalamnya. 

“Karena masyarakat itu bisa masyarakat umum, (perusahaan) Bakrie ini (yang terlibat dalam Groundbreaking Sustainability Hub) termasuk masyarakat pelaku usaha kan, Pertamina juga termasuk masyarakat karena dia pelaku usaha juga walaupun dia BUMN ya Badan Usaha Milik Negara”, jelasnya. 

Lebih lanjut, Donny juga menyampaikan keterlibatan masyarakat juga termasuk pada transparansi dari kebijakan-kebijakan itu sendiri.

“Gagasan yang besar itu bagus, membuat suatu perubahan bagus, tapi harus juga didukung oleh sumber daya. Setelah didukung sama sumber daya harus juga dikomunikasikan kepada publik dalam keterbukaan. Itu kan ada proses-proses pengadaan barang dan jasa juga ya, di situ saya melihat bisa didukung dengan dokumen-dokumen publik yang masyarakat kalau mau lihat boleh-boleh saja”, ungkap Donny.

Dalam penutupnya, Donny menjelaskan terkait dokumen-dokumen publik yang bisa dikategorikan sebagai informasi dikecualikan atau dokumen yang tidak diungkap ke publik. “Asal memang diyakini kalau itu disampaikan lebih banyak mudharat-nya daripada manfaatnya begitu”, tutupnya. (Laporan: Aprillyani Alin / Foto: TvOne)

Berita Lainnya

PEMBINAAN CIVITAS KI PUSAT 2021: TUMBUH BERSAMA SU...

Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar kegiatan pembinaan s...

KI PUSAT LAUNCHING IKIP 2021 DI YOGYA: MENGUKUR TI...

Tim Pokja (Kelompok Kerja) Indeks Keterbukaan Infromasi Publik (IKIP) ...

Tekan ESC untuk menutup pencarian