Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

KI Pusat Terima Kunjungan Kerja Dinkes Kota Bontang

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang melakukan Kunjungan Kerja ke Kantor Komisi Informasi Pusat di Wisma BSG Lantai 9, Jakarta Pusat hari ini (27/6). Kunjungan ini sebagai salah satu dari rangkaian agenda Bimbingan Teknis (Bimtek) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dilaksanakan Dinsos Kota Bontang. 

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Bontang, Bahtiar Mabé mengatakan, rangkaian kegiatan Bimtek PPID sendiri sudah mulai berjalan sejak dua hari lalu.

“Informasi yang ada di Badan Publik itu harus terbuka. Hal inilah yang harus kami dapatkan pengetahuan atau ilmunya. Mohon Bapak Ketua agar bisa memberikan arahan pada kami agar Bontang bisa menjalankan PPID dengan baik dan kedepannya bisa lebih sempurna lagi pelaksanaannya”, kata Bahtiar.

Menyambut pengantar dari Kadis Kesehatan Kota Bontang, Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro menyampaikan pihaknya sangat terbuka dengan kunjungan yang dilakukan oleh Dinkes Kota Bontang ke Kantor KI Pusat. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik mengingat peran penting PPID di dalam suatu Badan Publik. 

“Kami ucapkan selamat datang Pak Kadis dan jajaran PPID. Saya selalu sebut agen Badan Publik itu PPID. Tugasnya adalah mengawal keterbukaan informasi publik dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena yang membiayai Badan Publik adalah masyarakat”, ungkat Donny.

Dalam agenda kunjungan ini juga turut hadir Komisioner bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi KI Pusat, Samrotunnajah Ismail yang menyampaikan bagaimana seharusnya PPID menjalankan fungsinya untuk menjalankan amanah undang-undang. 

“Kami sangat mengapresiasi semangat Dinsos Bontang. PPID itu harus memperlihatkan komitmen untuk menjalankan Undang-Undang. PPID Badan Publik salah satu komitmennya tidak hanya mengeluarkan Daftar Informasi Publik dan melakukan Uji Konsekuensi, tapi juga memastikan kebermanfaatannya”, jelas Samrotunnajah.

Kunjungan yang dilakukan oleh 43 orang peserta yang terdiri dari PPID Dinas Kesehatan, UPT Puskesmas, Klinik, dan juga UPT Labkesda Kota Bontang ini dilanjutkan dengan office tour di lingkungan kantor KI Pusat. Pihak Dinkes Kota Bontang berkesempatan untuk melihat ruang sidang di mana Komisi Informasi Pusat biasa melakukan Sidang Sengketa Informasi Publik. (Laporan: Aprillyani Alin | Foto : Abdul Rahman)

Berita Lainnya

Tekan ESC untuk menutup pencarian