Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

Kemendagri: Keterbukaan Informasi Urat Nadi Pelaksanaan Pemerintahan yang Baik

 

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan mengapresiasi pelaksanaan presentasi uji kepatutan Anugerah Tinarbuka 2023 yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat . Hal itu disampaikan Benni di sela-sela kegiatan penilaian presentasi uji kepatutan Anugerah Tinarbuka 2023 di Hotel Atria Gading Serpong Tangerang Banten, Selasa (28/03/2023).    

Menurut ia tingginya partisipasi kepala daerah seperti Bupati/Walikota/Kepala Badan/Direktur tingkat Provinsi dan Ketua Penyelengara Pemilu daerah menunjukkan keseriusan pimpinan di daerah dalam melaksanakan keterbukaan informasi. “Perlu diapresiasi pimpinan daerah yang sudah bersedia hadir secara langsung dalam pelaksanaan uji kepatutan yang dilaksanakan oleh KI Pusat,” katanya menjelaskan.

Ia menyampaikan bahwa keterlibatan langsung Bupati dan Walikota dalam pelaksanaan keterbukaan informasi sangat penting karena dapat menjadikan keterbukaan informasi sebagai budaya dalam menjalankan pemerintahan di daerah. Padahal menurutnya, pimpinan daerah itu baru saja menghadapi penanganan pandemic covid-19 hingga pemulihan ekonomi namun tetap bersemangat untuk melaksanakan keterbukaan informasi.

Disampaikannya bahwa fenomena ini memberikan harapan yang besar agar keterbukaan informasi sebagai urat nadi dalam mewujudkan pemerintan yang baik. Untuk itu, ia berhadap supaya kegiatan Anugerah Tinarbuka ini dapat terus dilaksanakan di masa mendatang yang dimotori KI Pusat bersama stakeholders lainnya, seperti Kemendagri, Kemenpan RB, dan Kemenko Polhukam.

Apalagi, menurutnya Anugerah Tinarbuka ini akan diberikan pada acara puncak peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) 2023 di Kampar Riau pada 4 Mei menjadikan kegiatan ini bermakna sangat penting. Guna meningkatkan pelayanan informasi publik, ia berharap pimpinan daerah dapat meningkat SDM untuk pengelolaan dan pelayanan informasi, seperti peningkatan kemampuan PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi).

Sementara itu, tiga kepala daerah memberikan testimoninya terhadap pelaksanaan presentasi Anugerah Tinarbuka, yakni Walikota Jambi H Syarif Fasha, Walikota Padang Panjang H Fadly Amran, Bupati Lumajang H Thoriq Haq. Ketiga kepala daerah ini menilai kegiatan Anugerah Tinarbuka ini sangat besar manfaatnya bagi kemajuan keterbukaan informasi di tanah air, untuk itu mereka berharap perlu melibatkan kepala daerah yang lebih banyak dari seluruh Indonesia.

Namun demikian Syarif Fasha berharap informasi-informasi publik yang disajikan pemerintah dapat digunakan sebaik-baiknya dan dapat digunakan secara bijak sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kami sangat menyambut baik kegiatan Anugerah Tinarbuka ini karena dapat mendorong pelaksanaan keterbukaan informasi di daerah,” katanya.

Adapun Fadly Amran  menyatan bersyukur karena Anugerah Tinarbuka telah memberikan ruang sebagai media untuk menyampaikan apa yang sudah diperbuat tentang keterbukaan infromasi. “Kami yakin ketika melaksanakan  transparansi  tentu kepercayaan dari masyarakat meningkat  sehingga kejujuran dalam demokrasi ini bisa betul-betul terjamin,” tegasnya.

Sedangkan Thoriq Haq  mengatakan kegiatan Anugerah Tinarbuka ini keren karena bisa sebagai  motivasi  pemerintah daerah untuk memprioritaskan keterbukaan informasi. “Informasi publik itu sebagai prioritas karena informasi sudah menjadi kebutuhan sehingga kita tidak bisa mengelak dari keterbukaan informasi karena masyarakat pengen tahu, “ ucapnya. (Humas KI Pusat-Laporan: Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

Berita Lainnya

PEMBINAAN CIVITAS KI PUSAT 2021: TUMBUH BERSAMA SU...

Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar kegiatan pembinaan s...

KI PUSAT LAUNCHING IKIP 2021 DI YOGYA: MENGUKUR TI...

Tim Pokja (Kelompok Kerja) Indeks Keterbukaan Infromasi Publik (IKIP) ...

Tekan ESC untuk menutup pencarian