Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

Penyelesaian Sengketa Informasi Publik Melalui Mediasi Putusan Komisi Informasi Pusat

Pada hari Kamis, 9 November 2023, Majelis Komisioner KIP mengumumkan putusan hasil mediasi dalam sengketa informasi publik antara Pemohon dan Termohon (Badan Pengurus Pusat Gereja Pantekosta Tabernakel). Proses ini dimulai dengan pemeriksaan kewenangan dan kedudukan hukum para pihak oleh KIP.

Melalui proses mediasi yang dilaksanakan pada tanggal 2 November 2023, dengan mediator Syawaludin, Pemohon dan Termohon mencapai kesepakatan terkait permintaan informasi. Pemohon, yang meminta salinan laporan pertanggungjawaban keuangan BPP Gereja Pantekosta Tabernakel periode 2015-2020, setuju untuk mengakhiri sengketa.

Kesepakatan Mediasi berdasarkan:

- Pasal 1: Pemohon meminta salinan laporan keuangan BPP Gereja Pantekosta Tabernakel periode 2015-2020.

- Pasal 2: Termohon setuju memberikan informasi tersebut sebagai bahan laporan pertanggung jawaban Pemohon ke Jemaat Kristus Kasih Ngunut Tulungagung. Hingga saat ini, informasi tersebut belum diterima oleh Pemohon.

-  Pasal 3: Informasi akan diserahkan oleh Termohon kepada Pemohon paling lambat 30 hari sejak diterimanya Putusan Mediasi.

Majelis Komisioner memutuskan untuk memerintahkan Pemohon dan Termohon untuk menjalankan kewajibannya sesuai kesepakatan mediasi. Putusan ini diumumkan pada hari Senin, 20 November 2023, dalam sidang terbuka untuk umum, dihadiri oleh para pihak yang bersangkutan dan diawasi oleh Panitera Pengganti, Arif Yulianto.

Dengan penyelesaian ini, sengketa informasi publik antara Pemohon dan Termohon diakhiri secara damai, sesuai dengan ketentuan Pasal 40 ayat (3) UU KIP dan Pasal 39 UU KIP yang menegaskan bahwa putusan mediasi bersifat final dan mengikat. Kesepakatan ini diharapkan membawa kejelasan dan keadilan dalam pemberian informasi sesuai permintaan.

Berita Lainnya

PEMBINAAN CIVITAS KI PUSAT 2021: TUMBUH BERSAMA SU...

Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar kegiatan pembinaan s...

KI PUSAT LAUNCHING IKIP 2021 DI YOGYA: MENGUKUR TI...

Tim Pokja (Kelompok Kerja) Indeks Keterbukaan Infromasi Publik (IKIP) ...

Tekan ESC untuk menutup pencarian