Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

Enam Parpol Lolos Uji Publik E-Monev 2022


Lembaga Negara Komisi Informasi Pusat (KI Pusat) RI melaksanakan presentasi uji publik terhadap 185 Badan Publik (BP) selama tiga hari di Hotel Redtop Pecenongan Jakarta, dimulai Senin (31/10/2022). Penanggungjawab E-Monev dan Presentasi Uji Publik KI Pusat Handoko Agung Saputro menyampaikan hal tersebut disela-sela pembukaan acara yang dibuka oleh Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro dihadiri tujuh kategori BP.

Handoko yang juga Ketua Bidang Kelembagaan KI Pusat menyatakan tujuh kategori BP mengikuti E-Monev (e-monev.komisiinformasi.go.id) terdiri dari Kementerian, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LN LPNK), Lembaga Non Struktural (LNS), Pemerintah Provinsi (Pemprov), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Partai Politik (Parpol).

Disampaikannya bahwa sebanyak enam parpol berhasil lolos ke tahapan presentasi uji publik dari sembilan parpol, masing-masing Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat (PD), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Adapun tiga parpol yang belum berhasil lolos presentasi uji publik adalah Partai Nasional Demokrasi (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golongan Karya (Golkar).

Mengenai pelaksanaan presentasi uji publik, ia menjelaskan bahwa tahapan terakhir e-monev ini melibatkan semua Komisioner KI Pusat, akademisi, praktisi dan CSO sebagai tim penguji. Bahkan menurutnya, baru pada pelaksanaan e-monev tahun ini dilaksanakan presentasi uji publik yang melibatkan pengguna informasi atau masyarakat sebagai pengunjung untuk melihat langsung uji publik atau mengikuti secara live di official channel media sosial KI Pusat, seperti youtube, IG, FB dan lainnya agar dapat disaksikan langsung transparansi uji public.   

Sementara Ketua KI Pusat Donny menyatakan perlu dilakukan pendekatan lebih intens kepada pimpinan tertinggi parpol terutama KSB (Ketua, Sekretaris, Bendahara) supaya semua parpol dapat lolos presentasi uji publik sebagai tahapan akhir E-Monev 2022. “Perlu dilakukan pendekatan yang lebih intens kepada pimpinan parpol sehingga mendorong peningkatan pelayanan informasi publik di parpol,” harapnya.

Menurutnya beberapa informasi dari parpol disampaikan bahwa masih ada yang fokus kepada kegiatan sipol (sistem  informasi partai politik) untuk keperluan pendaftaran peserta Pemilu 2024 sehingga kurang maksimal dalam pelaksanaan E-Monev tahun ini.

Namun ia juga menambahkan bahwa bukan hanya kategori parpol yang sedikit mengalami kendala partisipasi dalam E-Monev tapi secara umum dari 372 BP yang diundang untuk mengikuti Monev, hanya 267 dari tujuh kategori yang submit dalam aplikasi e-monev.komisiinformasi.go.id (tiga BP terkendala sehingga gunakan manual), setelah verifikasi hanya 185 BP mencapai nilai diatas 70 yang lolos presentasi uji publik.

Disebutkannya bahwa dari 185 BP yang lolos presentasi uji publik, untuk sementara ada sebanyak 121 BP berada pada posisi nilai teratas 90-100 hasil verifikasi SAQ (Self  Assesment Questionnare). Menurutnya BP yang berhasil lolos presentasi uji publik dengan nilai teratas berpotensi menjadi BP Informatif E-Monev 2022.

Ia berharap pelaksanaan E-Monev 2022 yang dilaksanakan oleh KI Pusat dapat mencapai target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) Bappenas sebanyak 98 BP Informatif. “Semoga KI Pusat dapat melampaui target RPJMN capaian 98 badan publik masuk kategori Informatif,” harapnya.

Menurutnya bukan sekedar capaian target RPJMN yang mesti dikejar tapi perlu mencermati dampak capaian pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di tanah air terhadap pengguna informasi atau masyarakat. “Jangan sampai ada badan publik yang sudah berkali-kali memperoleh predikat kategori informatif tapi masih disengketakan oleh pengguna informasi ke komisi informasi,” tegasnya. (Laporan : Karel Salim/Foto: Rizky Priyatna)

Berita Lainnya

PEMBINAAN CIVITAS KI PUSAT 2021: TUMBUH BERSAMA SU...

Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar kegiatan pembinaan s...

KI PUSAT LAUNCHING IKIP 2021 DI YOGYA: MENGUKUR TI...

Tim Pokja (Kelompok Kerja) Indeks Keterbukaan Infromasi Publik (IKIP) ...

KI PUSAT : PENGUMUMAN SELEKSI CALON KI SUMUT OLEH ...

Komisi Informasi (KI) Pusat menyatakan Pengumuman Penerimaan Calon Ang...

Tekan ESC untuk menutup pencarian