Buka Informasi Publik, Hak Anda Untuk Tahu !!!

KI Pusat bersama Pemkab Kampar Riau akan Gelar Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2023

Lembaga Negara Komisi Informasi (KI) Pusat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar Provinsi Riau akan melaksanakan peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) di Riau pada 4 Mei 2023. Kegiatan peringatan HAKIN akan dilaksanakan secara kolosal dan meriah sekaligus mengundang Presiden Joko Widodo. Kehadiran orang nomor satu di NKRI itu diharapkan sekaligus dapat mencanangkan HAKIN sebagai Hari Nasional.

Hal itu disampaikan Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro saat memimpin rapat persiapan pencanangan HAKIN sebagai Hari Nasional. Rapat bersama di lt 9 Sekretariat KI Pusat pada Senin (20/03/2023) malam itu dihadiri Pj. Bupati Kabupaten Kampar Riau H Kamsol, Ketua KI Riau Zufra Irwan dan jajaran Dinas Kominfo Riau, dari KI Pusat hadir Ketua Panitia Pusat HAKIN 2023 Komisioner Bidang Kelembagaan KI Pusat Handoko Agung Saputro dan Komisioner Bidang Litdok Rospita Vici Paulyn didampingi Plt Sekretaris KI Pusat Nunik Purwanti.

Donny berharap kegiatan peringatan HAKIN 2023 di Riau nanti dapat dihadiri oleh Presiden Joko Widodo karena momentum peringatan dan pencanangan Hari Nasional HAKIN ini sangat strategis. Terutama menurutnya HAKIN dalam rangka meningkatkan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di tanah air karena hanya dengan melaksanakan keterbukaan dalam menjalankan kebijakan roda pemerintah maka tercipta masyarakat yang demokratis menuju sejahtera.

Sehingga menurutnya, panitia bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri RI dapat mengundang seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia untuk hadir di HAKIN nanti. Kehadiran para kepala daerah seluruh Indonesia dapat memberikan dampak positif bagi pelaksanaan pemerintahan yang transparan dan akuntabel di daerah.

Kemudian ia menyatakan adanya tahun politik dengan agenda penting pesta demokrasi pemilu serentak 2024 maka peran strategis penyelenggara pemilu perlu ditingkatkan transparansi dan akuntabilitasnya. Menurutnya hanya dengan penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu yang transparan maka hasil pemilu nanti akan mendapatkan legitimasi dari seluruh lapisan masyarakat sehingga tercipta pemilu damai.

Sementara menurut Handoko, mengingat pentingnya peran penyelenggara pemilu untuk menciptakan pemilu damai maka panitia bekerjasama dengan KPU Pusat dan Bawaslu Pusat akan mengundang seluruh KPU Daerah dan Bawaslu Daerah seluruh Indonesia. Ia mengatakan pada kegiatan hari puncak HAKIN nanti akan ada penguatan komitmen kepada penyelenggara pemilu agar dapat melaksanakan pemilu yang terbuka, jujur dan adil sebagai jaminan penyelenggaraan pemilu yang demokratis. (Humas KI Pusat-Laporan: Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

Berita Lainnya

PEMBINAAN CIVITAS KI PUSAT 2021: TUMBUH BERSAMA SU...

Sekretariat Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar kegiatan pembinaan s...

KI PUSAT LAUNCHING IKIP 2021 DI YOGYA: MENGUKUR TI...

Tim Pokja (Kelompok Kerja) Indeks Keterbukaan Infromasi Publik (IKIP) ...

Tekan ESC untuk menutup pencarian