Forum Jurnalis KIP bersama KI Sumbar Studi Tiru ke KI Pusat


Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) bersama Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat, Komisi I DPRD Sumbar, Dinas Kominfo Sumbar, dan Asisten I Pemprov Sumbar melakukan Studi Tiru ke KI Pusat. Ketua KI Pusat Gede Narayana bersama Ketua Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi, dan Ketua Bidang Regulasi dan Kebijakan Publik KI Pusat Muhammad Syahyan menerima kunjungan rombongan kombinasi forum wartawan dari Sumbar itu di ruang rapat lantai 9 Kantor Sekretariat KI Pusat, Senin (04/11) sore.
Pada kesempatan itu, Ketua KI Sumbar Adrian Tuswandi menyampaikan bahwa pembentukan FJKIP yang merupakan forum wartawan se-Sumbar untuk membantu penyebaran berita tentang keterbukaan informasi publik. Ia mengatakan FJKIP yang baru dibentuk 31 Oktober 2019 didukung seluruh unsur organisasi wartawan, mulai dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumbar, AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia), IWO (Ikatan Wartawan Online), IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia) Sumbar yang didukung sejumlah Pemimpin Redaksi (Pemred) media mainstream di Sumatera Barat.
Ketua KI Pusat Gede Narayana menyampaikan apresiasinya dengan terbentuk FJKIP yang dapat membantu kinerja Komisi Informasi, terutama dalam sosialisasi tentang pelaksanaan keterbukaan informasi di tanah air. “Saya berharap kehadiran FJKIP sosialisasikan keterbukaan informasi dapat memudahkan bangsa Indonesia mencapai kesejahteraan sebagaimana tujuan dari pelaksanaan UU KIP,” harapnya.
Sementara Syahyan menyampaikan bahwa rekan-rekan wartawan dapat menggunakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik untuk memperoleh data dan informasi dalam peliputan investigasi. “Jika menggunakan UU Pers, maka narasumber bisa menyatakan no comment yang harus dipatuhi wartawan sehingga tidak memperolah informasi yang dibutuhkan untuk penulisan berita, namun jika menggunakan UU KIP maka narasumber harus menyediakan sesuai ketentuan undang-undang,” katanya.
Adapun yang hadir pada acara Studi Tiru itu, tampak Asisten I Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Devi Kurnia, Anggota Komisi I DPRD Sumbar HM Nurnas, dan Kepala Dinas Kominfo Sumbar Yeflin L. Juga dihadiri Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, Ketua IWO Sumbar Erwandi, Ketua IJTI Sumbar John Kambang, Ketua AJI Sumbar Aidil Ichlas serta sejumlah Pemred media cetak dan media online, serta unsur akademisi dari FISIP Universitas (Laporan : Karel Salim/Foto: Abdul Rahman)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply