KI Pusat Berhasil Melakukan Mediasi terhadap Pemohon dan BPK RI


Komisi Informasi (KI) Pusat berhasil melakukan mediasi terhadap Pemohon Informasi Individu Saleh Alhasni dengan Termohon Badan Publik (BP) Badan Pemeriksa Keungan (BPK) RI. Mediasi berhasil itu dipimpin oleh mediator KI Pusat Muhammad Syahyan di ruang rapat lantai 9 Kantor Sekretariat KI Pusat Wisma BSG Jakarta setelah dilakukan sidang pemeriksaan kedua yang dipimpin Ketua MK Hendra J Kede beranggotakan Gede Narayana bersama Wafa Patria Umma di ruang sidang utama lantai 1 KI Pusat, Selasa (12/11).
Dalam persidangan sebelum dilakukan mediasi pada hari yang sama, MK menawarkan dilakukan mediasi terhadap para pihak yang disetujui pemohon dan termohon. Kemudian dilaksanakan mediasi yang menghasilkan mediasi berhasil sehingga sengketa informasi dengan register 039/VII/KIP-PS/2018 antara Seleh Alhasni terhadap BPK dapat dinyatakan selesai, namun putusan mediasi baru akan dibacakan MK pada persidangan berikutnya.
Adapun informasi yang diminta oleh pemohon adalah mempertanyakan nama perusahaan yang tertera dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pengelolaan pendapatan, dan biaya investasi di PT Pelindo III adalah PT Envirotama. Kemudiaan termohon BPK RI menyatakan perusahaan yang tertera dalam LHP PT Pelindo III benar adalah PT Envirotama,nanti berdasarkan putusan MK KI Pusat maka akan dibuatkan berita acara sekaligus surat keterangan dari Ketua BPK tentang kebenaran informasi yang disampaikan termohon dalam mediasi. (Laporan : Karel Salim/Foto: Ari Wijaya)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply