KI PUSAT LAKSANAKAN VISITASI PENILAIAN KETERBUKAAN INFORMASI DI 10 PROVINSI UNTUK APRESIASI DESA


Komisi Informasi (KI) Pusat RI bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI bersama Bakti Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan visitasi penilaian keterbukaan informasi di 10 Provinsi untuk Apresiasi Desa Tahun 2021. Kegiatan visitasi pertama telah digelar mulai Jumat (27/08/2021) yang dipimpin langsung Ketua KI Pusat Gede Naranaya untuk visitasi ke Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat dan visitasi yang dipimpin Komisioner Bidang ASE KI Pusat Wafa Patria Umma ke Desa Kumbang Kecamatan Magabik Lombok Timur Nusa Tenggara Timur.

Pelaksanaan visitasi yang melibatkan empat penilai dari KI Pusat, Kemendes, Bakti, dan KI Daerah itu akan belangsung hingga 12 September 2021. Adapun 8 Desa lainnya yang akan divisitasi adalah Cibiru di Bandung Jawa Barat, Desa Blang Aceh Tengah, Desa Kedungsumber Bojonegoro Jatim, Desa Punggul Badung Bali, Desa Karangsari Kulon Progo DIY, Desa Kabuna Belu NTT, Desa Sendang Wonogiri Jateng dan Desa Kepulauan Sula Maluku Utara.

Adapun tujuan dari pelaksanaan visitasi untuk Apresiasi Desa itu, untuk mendorong terpebuhinya kebutuhan informasi bagi masyarakat Desa yang mudah diakses. Mendorong tersedianya Informasi Publik Desa yang sesuai dengan Standar Layanan Informasi Publik Desa. Mendorong agar terjadinya proses transparansi, akuntabilitas dalam pengelolaan Informasi Publik Desa. Mendorong pengelolaan Desa untuk mewujudukan good governance dan menghindarkan Desa dari budaya tertutup. (Laporan : Karel Saim/Foto: Annisa)

About Author

Connect with Me:

Leave a Reply